Macam-Macam Stick Drum

Macam-Macam Stick Drum


Banyak sekali jenis stick drum yang beredar di Indonesia. Beberapa merk yang paling sering dipakai Indonesia adalah Vic Firth, Pro Mark, Johny Rabb, Zildjian, Tama, Vater, Ahead dan masih banyak yang lainya. Banyak pemula yang masih bingung mana stick drum yang cocok untuk digunakan, karena pemilihan stick drum sangat penting karena ini salah satu penentu gaya dan nuansa dari sebuah irama saat bermain.

Sering kali seorang pemula memilih stick yang terlihat bagus, terasa ringan, dan harga murah. Itu adalah cara memilih stick drum yang salah. Berikut ini beberapa macam stick drum yang bisa kamu beli dan mainkan sesuai dengan jenis musik yang kamu mainkan.

1.    Stick drum Nilon

berita musik : stick drum nilon
Stick ujung nilon, sebaiknya stick nilon digunakan untuk permainan drum elektrik. Hal ini digunakan untuk melindungi V-drum kit (drum pet) dari serpihan dan goresan. Stick ini juga menghasilkan suara symbal yang nyaring.

2.    Stick Drum Kayu

berita musik : stick drum kayu
Stick ujung kayu, stick berujung kayu lebih baik untuk musik rock atau sedikit keras. Pukulan keras dan menghasilkan suara cukup mantap (keras). Ada berbagai tips dan gaya yang bisa mendapat banyak pujian. Cara terbaik untuk memutuskan hal ini adalah dengan mencobanya sendiri, masing-masing drummer memiliki pendapat sendiri dalam hal ini.

3.    Stick Brush

berita musik : stick drum brush
Brush, bentuknya seperti sapu lidi. Ada yang terbuat dari baja (wire-brush), ada pula yang terbuat dari plastik atau nylon. Ada yang lembut dan ada pula yang besar. Ada pula yang ujungnya berkepala. Untuk memainkannnya ada cara atau teknik tersendiri. Wire brush cocok buat memainkan musik jazz, swing, ballad, dan cool jazz.

4.    Stick Mallet

berita musik : stick drum mallet
Pemukul ini memiliki kepala yang bulat besar seperti pemukul vibraphone. Ada beberapa ukuran besar-kecilnya bulatan/kepala. Dan kepala/bulatan pada mallet ada yang keras, dan ada pula yang lunak.

5.    Bundle Stick

berita musik : strick drum bundle stick
Bundle Stick , terdiri dari beberapa batang kayu kecil-kecil yang  disatukan dan diikat. Ada yang kayunya beukuran kecil dan berjumlah banyak, dan ada pula yang berukuran besar dan berjumlah seikit. Jenis pemukul ini cocok dengan jenis musim latin, country, atau musik unplugged.

Semoga info diatas dapat membantu kalian para pemula untuk memilih stick  drum yang cocok degan gaya bermusik kalian, selamat mencoba.

Sumber foto istimewa

COMMENTS

You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.