Kaset Pita Semakin Eksklusif dan Tips Merawatnya

Kaset Pita Semakin Eksklusif dan Tips Merawatnya

Kaset sempat merajai pasaran sampai pada awal tahun 90-an. Benda itu berhasil menggeser pamor piringan hitam.  Memasuki era digital, kaset pita menjadi barang antik yang cukup langka tergeser oleh popularitas cakram padat (CD). Ditambah maraknya pembajakan saat munculnya format digital MP3 dan perangkat pemutar musik digital lainnya seperti I-Tunes, juga semakin menjauhkan kaset dari pasar musik.

Kaset mungkin belum begitu meledak lagi di pasaran, tapi mulai bangkit sebagai barang yang eksklusif. Apalagi sekarang banyak kolektor kaset yang rajin mengumpulkan kaset-kaset lawas. Seiring bertambahnya waktu, kualitas dari kaset pita itu sendiri mengalami penurunan apabila tidak dirawat dengan apik.

Berikut tips-tips dalam merawat kaset pita kesayangan kalian :

  1. Simpan kaset di rak yang tidak lembab dan usahakan jangan menaruh kaset di lantai atau membelakangi tembok.
  2. Hindari kaset bersentuhan langsung dengan medan magnet seperti speaker, TV dll. Karena akan membuat kualitas suara yang dihasilkan dari kaset tersebut terganggu.
  3. Apabila busa di dalam kaset sudah tipis, kalian bisa menggantinya dengan kapas berukuran sama atau busa dari kaset bekas lalu ditempatkan diatasnya.
  4. Terkadang kaset yang sudah lama tidak digunakan akan berjamur, cara menghilangkannya dengan cara di play side A-B secara bergantian. Setelah itu kita dapat memberiskan jamur yang menempel pada kaset tersebut menggunakan kuas.
  5. Bila jamur telah menjalar ke pita kaset, bersihkan dengan kuas halus yang sudah dibasahi alkohol secukupnya.
  6. Biasanya untuk pita c 60 tersedia rewinder atau alat pemutar manual yang bisa didapatkan di toko kaset untuk membersihkan dengan cepat.
  7. Untuk pita kaset c 90 sebaiknya jangan di putar (cepat mundurkan) terlalu sering sebab akan mengakibatkan pita kusut atau bergelombang di dalamnya.
  8. Lebih baik pita kaset c 90 tidak dipakai untuk di dalam mobil, karena biasanya pita kaset menjadi tidak awet.

Berikut tips merawat kaset kesayangan anda selain bisa dilakukan dimana saja caranya pun cukup mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

dari berbagai sumber

foto : net

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner