Alat Musik 'Fu' Maluku Utara

Alat Musik 'Fu' Maluku Utara


Gaung globalisasi, yang sudah mulai terasa sejak akhir abad ke-20, telah membuat masyarakat dunia, termasuk bangsa Indonesia harus bersiap-siap menerima kenyataan masuknya pengaruh luar terhadap seluruh aspek kehidupan bangsa. Salah satu aspek yang terpengaruh adalah kebudayaan. Untuk itu sekarang mari kita membahas soal kebudayaan asli dari Indonesia tepatnya Maluku Utara.

Maluku Utara dikenal memiliki beragam alat musik yang unik, salah satunya Fu. Fu merupakan alat musik yang terbuat dari kulit kerang dan cara memainkannya dengan ditiup pada bagian yang berlubang atau terbuka. Selain digunakan untuk memanggil penduduk, alat musik ini juga biasa digunakan untuk mengiringi tari-tarian khususnya masyarakat Suku Asmat, Kabupaten Merauke. Biasanya fu dimainkan dan menjadi paduan harmonisasi yang memberikan warna tersendiri pada ciri khas musik Papua.

Saat ini keberadaan Fu perlahan terkikis bahkan hampir hilang kegunaannya. Fu lebih banyak disimpan menjadi pajangan di museum. Ada beberapa desa yang melestarikan Fu, seperti desa Sirisori, Amalatu dan desa hutumuri yang masih melestarikan musik ini sehingga fungsinya tetap terlaksana dengan baik.

Sumber : http://www.indonesiakaya.com/jendela-budaya/galeri-budaya
      http://repindonesiaraya.blogspot.com/2011/04/alat-musik-tradisional.html

Foto : Isitmewa

COMMENTS

You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.