Dua Versi Lagu Indonesia Raya

Dua Versi Lagu Indonesia Raya

by: Bobby Agung Prasetyo

Lagu Indonesia Raya yang kita dengarkan saat ini, konon bukanlah yang pertama kali dimainkan W.R. Soepratman. Versi asli lagu kebangsaan itu pun akhirnya ditemukan. Tidak di Indonesia, melainkan di Belanda, Perpustaan “Leiden”, oleh Roy Suryo. Kata pengamat telematika tersebut, versi asli Indonesia Raya ini berjudul ‘3 stanza’ atau ‘3 qouplet’. Roy memaparkan, lagu Indonesia Raya versi pertama itu isinya tidak jauh berbeda dengan yang kita dengarkan saat ini, bedanya durasi tiga kali lipat lebih lama. Dirinya juga mendapatkan cukup bukti bahwa lagu 3 stanza ini adalah versi asli dari Indonesia Raya. Bahkan di sejumlah dokumen antara 1928-1945 membuktikan bahwa lagu 3 stanza ini pernah digunakan.

Rekaman lagu kebangsaan “Indonesia Raya” karya Supratman yang ditemukan pakar telematika Roy Suryo Notodiprojo di Perpustakaan Leiden Belanda, diragukan sebagai lagu yang asli oleh pemerhati sejarah, Drs. H.Muhammad TWH. “Saya tidak yakin rekaman itu merupakan lagu Indonesia Raya versi asli gubahan W.R. Soepratman karena rekaman itu diproduksi pada tahun 1944 atau pada saat pendudukan Jepang,” ujarnya, dilansir dari portal berita “ANTARA”.

Terlepas dari asli atau tidaknya, “Indonesia Raya” tetaplah “Indonesia Raya”; selalu melekat di hati. Lagu ini menandakan kelahiran pergerakan nasionalisme seluruh nusantara di Indonesia yang mendukung ide satu “Indonesia” sebagai penerus Hindia Belanda, daripada dipecah menjadi beberapa koloni. Stanza pertama dari Indonesia Raya dipilih sebagai lagu kebangsaan ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Saat ini, Lagu kebangsaan Indonesia Raya dan penggunaannya diatur dalam Peraturan Pemerintah No.44 Tahun 1958.

*diolah dari berbagai sumber

foto: istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner