Capo, Peninggi Nada Gitar

Capo, Peninggi Nada Gitar


Gitar merupakan instrumen musik yang mengeluarkan nada-nada ketika kita memainkannya. Banyak nada yang keluar dari alat musik tersebut. Walau demikian, tetap saja ada nada yang belum mencapai klimaks bagi musisi. Seperti nada tinggimisalnya. 

Maka dari itu ada sebuah alat yang membantu gitaris untuk mencapai nada-nada tinggi yaitu dengan Capo. Capo merupakan alat penjepit senar pada gitar, locking string di fret tertentu, hingga bare string, sehingga ketika dijepit akan menghasilkan nada yang lebih variatif ketika senar tersebut dibunyikan.

Benda mungil ini biasanya digunakan untuk semua gitar, tanpa terkecuali. Ada capo yang menjepit empat senar, ada pula yang lima senar. 
Untuk penggunaanya sendiri, kita hanya perlu menjepitkannya di bagian senar gitar. Misalkan E adalah string nomor satu, kalau kalian memasangkan capo di fret dua, berarti string nomor satu jadi F#. Pergeseran nada-nada menggunakan capo ini, mempermudah gitaris untuk memainkan nada-nada tinggi yang diinginkannya. Misalnya di lagu tersebut ada kord G, C, dan D, kalian bisa menaikan satu nada jadi A, D, dan E, dengan cara memasangkan alat tersebut di senar gitar bagian fret kedua.

Untuk harga peninggi nada tersebut, cukup bervariasi. Ada yang dijual berkisaran 35-150 ribu rupiah, itu tergantung bentuk dan bentuk caponya.

Sumber foto : chakramuladharma.blogspot.com

 

COMMENTS

You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.