Cajon, Alat Musik Kaum Budak Yang Mendunia

Cajon, Alat Musik Kaum Budak Yang Mendunia

Jika gemar menonton konser musik akustik, biasanya kita seringkali melihat sebuah kotak box yang biasanya terbuat dari kayu yang menyerupai bangku atau box speaker. Alat tersebut dapat menghasilkan suara yang dihasilkan drum seperti, suara snare, bass drum, rimclik dan hithat. Biasanya pemain duduk diatasnya dan memukul-mukul alat ini dengan teknik tertentu.

Sebagian dari kita mungkin sudah mengetahui alat musik ini. Tapi masih sangat sedikit yang mengetahui nama dari alat musik ini. Kotak box ini adalah cajon (kahon), alat musik ini berasal dari Peru yang dalam bahasa Spanyol sendiri cajon artinya adalah “kotak”. Pada awalnya cajon dimainkan oleh para kaum budak yang ada di pelabuhan Peru yang ruang bermusiknya sangat dibatasi. Akhirnya para pekerja kasar tersebut menciptakan musik sendiri dengan memukul sebuah kotak ikan untuk mengiringi mereka bernyanyi.

Ada alasan tentunya mengapa alat ini bentuknya seperti bangku. Pada era terlahirnya cajon, alat musik ini digunakan sebagai bentuk perlawanan terhadap larangan untuk berekspresi dan berkreasi. Agar tidak terlihat seperti alat musik, lalu dibuatlah penyamaran fungsinya sebagai bangku.

Cajon memang sudah ada sejak lama, tapi di Indonesia sendiri alat musik perkusi ini baru booming pada tahun 2010. Biasanya cajon digunakan untuk event-event musik yang konsepnya lebih santai atau akustikan yang memang tidak menggunakan full set drum. Seiring perkembangannya, cajon pun mulai menggantikan peran drum untuk mengiringi musik karena memang dianggap lebih efektif dan efisien. Biasanya seorang drummer lebih memilih cajon, untuk acara musik yang lebih santai karena memang mudah untuk dibawa dan tidak begitu memakan tempat.

Untuk memainkannya pun tidak asal-asalan memukul. Ada teknik-teknik tertentu dalam memainkannya. Jika ingin mengeluarkan suara bass¸harus memukul dengan seluruh telapak tangan. Jika hanya memukul dengan setengah telapak tangan, disebut dengan teknik tone. Ada juga istilah teknik tap, jika pemain memukul hanya dengan ujung-ujung jari. Lalu yang terakhir adalah teknik slap, yang hanya mencolek dengan ujung jari.

Klik untuk melihat teknik bermain cajon : http://www.youtube.com/watch?v=u1EmxJjDsmc

Sumber Foto : Learncajon.com

 

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner