Balon - Balon

Balon - Balon "Paus" Bersuara

By : Shalom Aleichem

Coba kalian bayangkan, sebuah ‘hiasan’  instrument alat musik yang digantung di atas plafon gedung atau rumah dan alat musik tersebut bisa dimainkan dan menghasilkan suara – suara?

Ya, seseorang bernam Tim Hawkinson menciptakan sebuah alat musik pada tahun 2011 dengan panjang hampir 15.000 kaki persegi yang sekarang berada di  galeri MassMOCA. Meski sempat mengalami kendala karena kekurang tenaga dalam pembuatannya, UberOrgan  kini bersemayam dan tetap menjadi tontonan menarik pengunjung galeri tersebut.

Uberorgan terdiri dari balon – balon besar biomorphic, yang  tiap balonnya memiliki fungsi dan nada yang berbeda, potongan - potongan fragment yang "bernada". Ketika bersentuhan, dan akan mengeluarkan suara seperti seseorang sedang bermain organ. Suara setiap balonnya pun berbeda, ada yang mengeluarkan suara seperti pujian – pujian di gereja, pop klasik,  dan nada – nada improvisasi lainnya.
 
“Bagi saya Uberorgan adalah sebuah kehadiran secara fisik yang sangat kuat, menurut saya hal itu diperlukan, terlebih memiliki sebuah komponen yang mengeluarkan suara. Mereka tampak seperti ikan paus yang tergantung dan melayang kea rah anda” – Tim Hawkinson

Saat ini, galeri seni di New York juga mengahdirkan sensasi bagi setiap pengunjung yang hadir, dan ingin merasakan kehadiran “Ikan Paus” bersenandung lagu “pop”.

 

 

Sumber : compusiannews.com, http://www.oddmusic.com/gallery/om32290.html

Foto : www.oddmusic.com

Video : Getty Museum

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner