Apa itu Bunyi Binaural?

Apa itu Bunyi Binaural?

binaural beatPertama kali ditemukan oleh Heinrich Wilhelm Dove pada tahun 1839. Bunyi Binaural terjadi ketika 2 nada dari frekuensi yang spesifik diputar melalui headphone, otak akan langsung merangsang dan membuat sebuah “nada imajinasi”-nya sendiri, yaitu sebuah halusinasi audio 3 dimensi yang terdengar hanya di dalam kepala pendengarnya. Frekuensi yang diproduksi oleh fenomena ini dikenal dengan nama Binaural Beats. Perbedaan antara kedua frekuensi harus kecil (kurang dari atau sama dengan 30 Hz) untuk efek terjadi, jika tidak, dua nada akan terdengar terpisah dan gelombang nada tidak akan bisa kita rasakan.

Ada juga frekuensi gelombang otak lainnya yang dapat dibuat dengan menggunakan Binaural Beats, yaitu beta, delta, theta dan gamma, yang meniru pola neurologis yang dapat mengatur kualitas tidur, menghilangkan stres dan daerah-daerah lainnya.

Keterangannya di bawah ini:
Beta (13-26 Hz) bertujuan untuk mempertajam konsentrasi dan pemecahan masalah
Alpha (8-13 Hz) merelaksasi dengan perhatian tajam
Theta (4-7 Hz) relaksasi mendalam dan peningkatan belajar
Delta (1-3 Hz) Tidur yang mendalam (deep sleep)

Seorang Profesor mechanical and aerospace engineering, Edgar Choueiri, di Princeton University mengembangkan sistem Recording Binaural ini. Sistem rekam ini mampu menghasilkan audio 3D, sebuah teknologi yang bisa menangkap detail suara lebih tajam. Mocca band indie pop dari bandung adalah salah satu band yang menggunakan teknik rekaman Binaural ini untuk lagu lamanya berjudul “Me & My Boyfriend” dalam versi terbaru ini.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendengarkan bunyi Binaural ini:

  • Jangan mendengar Binaural ketika berkendara, mengoperasikan sebuah peralatan, atau aktivitas yang membutuhkan konsentrasi. Kondisi badan harus dalam keadaan santai
  • Untuk penderita epilesi, tidak disarankan untuk mendengarkan Binaural
  • Orang dengan kelainan jantung harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu

Sedangkan manfaat yang bisa didapatkan dari mendengarkan rekaman Binaural ini adalah dapat membantu mendorong relaksasi, meditasi, kreativitas dengan keadaan mental yang diinginkan.

Selamat mencoba...

Video:


Hear New York City in 3D audio


Infinite Bliss (low Alpha binaural beats) Unisonic Ascension

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner