10 Grup HipHop Indonesia yang patut di Highlight

10 Grup HipHop Indonesia yang patut di Highlight


Bertahun-tahun musik hiphop hidup dan berkembang di Indonesia. Sampai sekarang kita semua pasti sering melihat berbagai penampilan grup hiphop di berbagai acara televisi, panggung hiburan sampe yang muncul di berbagai media massa. Dari sekian banyak grup hiphop di Indonesia, mereka membuat karya yang original, tidak serta merta mengcopy paste gaya rapper dan musik luar negeri. Bahkan lebih dari itu, mereka membuat musik menjadi media penyampai pesan pada masyarakat. Grup-grup itu diantaranya

1.Homicide
Grup asal Bandung ini pasti sudah banyak yang tahu. Berdiri tahun 1994 dengan personil Ucok, Azis, Lephe dan DJ E penampilan mereka membuat mata pendengar musik [tak hanya hiphop] terbelalak. Lirik-lirik yang diusung adalah kritik pedas, dengan aransemen beat yang luar biasa. Motor dari grup ini
adalah Ucok Homicide yang memang kerap terjun sebagai seniman dan ‘pejuang’ sosial.

2.Cronik
Yang satu in juga berasal dari Bandung. Berawal dari street Hiphop di kawasan Dago, Cronik menjadi salah satu grup hiphop yang mewarnai dunia musik tanah air. Lebih menonjolkan scratch dalam musikalitas dengan lirik-lirik yang tidak cheesy.

3. D Army

Grup asal Bandung yang dimotori oleh Gaya [MC], Ghettorude [MC] dan Jay [Beat Artilery] ini menambah warna grup hiphop yang wajib di highlight di kancah musik hiphop Indonesia. Dibawah bendera Remains Record grup ini sempat menelurkan hits-hits yang luar biasa.

4. Eye Feel Six

Dimotori oleh Soul Killa (MC) Mind Freeza (MC) DJ Amer (Beat Maker) bisa jadi grup ini adalah reinkarnasi dari vakumnya D Army. Single mereka yang cukup terkenal adalah Irama Jiwa dan Eye Feel Six

5. Angkatan Udara

ANGKATAN UDARA (A.U) terbentuk di akhir tahun 1999. Terdiri atas 4 orang personil. Awalnya A.U berusaha menawarkan alternatif musik elektronik yang bisa dinikmati di panggung – panggung kecil acara 17-an atau panggung- panggung kampus dan sekolahan, Beat elektronik yang diselingi rapping 2 orang Mc’s merupakan bahasa yang mereka terjemahkan ke dalam areal musikal. A.U lahir dari stagnasi rutinitas keseharian Jakarta yang begitu terpola.

6. Modus Operandi

Grup asal Semarang yang berdiri tahun 2002 ini mencampurkan beat gahar yang dipadu lirik pedas dari MC Quatro. Scratch dari DJ Killa semakin menguatkan musikalitas grup ini.

 7. Molothuvz

Grup ini menyebut dirinya sebagai Jurnal kollektive exsperimental- ishm Rapp/hiphop posse. Liriknya dalam dan musikalitasnya unik.

 8. Rotra

Grup asal Kota Gudeg ini dimotori oleh Rajapati dan Gantas. Dari keinginan untuk membentuk sebuah grup rap akhirnya terwujud,

9. BSK

Salah satu grup Hiphop dari Semarang yang kerap tampil sepanggung bersama Modus Operandi ini membawa spirit graffiti, flatland dan sablon dalam musikalitasnya. Penampilannya selalu unik dan kadang diwarnai dengan semburan api dari aerosol yang dibakar. Motor dari grup ini adalah Rayap, Hace, Mowo dan DJ Killa. Dibantu oleh Quatro dibeberapa track seperti ‘ArtCrime’ yang menceritakan tentang seni vandalisme graffiti.

10. Sundanis

Merasa peduli akan budaya Sunda, salah satu personil D Army, Ghettorude mendirikan grup HipHop Sundanis. Sesuai prinsipnya, lirik lagu di grup ini akan didominasi lirik Bahasa Sunda. Bahkan tak jarang grup ini tampil berkolaborasi dengan grup kesenian Sunda.

Via : https://www.facebook.com/permalink.php?id=133087146791540&story_fbid=276435602456693

COMMENTS

  • yediTP

    yediTP

    14 Nov 2016
    B'Southgank
You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.