"Terang", Sajian Terbaru dari Band yang Kembali Naik ke Permukaan, Karon N Roll


"Setelah sempat menghilang, Karon N Roll kembali merilis single dan video klip terbarunya."

Akhirnya, Karon N Roll kembali mengeluarkan single terbaru berjudul “Terang”. Bisa dibilang, ini adalah proyek yang mencoba serius tapi santai, setelah sekian lama hilang dan termakan waktu. Setelah keluarnya dua personil yaitu Apoy (lead guitar) dan Pepenk (rhythm guitar), Karon N Roll mengalami dekonstruksi dan penggodokan ulang untuk konsep materi album baru. Mereka memulai sesuatu lagi yang baru dengan mengumpulkan materi, mengurung diri di ruang pribadi masing-masing guna mencari inspirasi, mengunjungi berbagai gigs untuk mengetes pasar, dan mengadakan brainstorming.

Karon N Roll kini bisa dibilang sebagai grup musik multi era dimulai dari era 70an, 80an, 90an. Melalui single terbaru ini, mereka ingin bercerita tentang ketelanjangan manusia akan kesalahan-kesalahannya di hadapan Tuhan. Tak ada yang bisa ditutupi, semua akan terlihat, hanya saja itu merupakan hak preogatif Tuhan dengan cara-caranya, dan tentunya kejahatan manusia pasti akan terkalahkan.

Karon N Roll menganalogikan Tuhan dengan "Terang". Lagu ini bisa dikategorikan pencampuran elemen elektrik folk dan etno, dengan isian reverb dan delay yang membuat ambience menjadi cukup kental. Penggarapan lagu ini dilakukan di studio teras belakang dan studio rekan mereka. Mereka pun berkolaborasi dengan drummer dari band cult psikadelika pop, It's Different Class, juga drummer dari band progresif power pop The Adams, yaitu Tuan Gigih Suprayogo.Selain tokoh-tokoh tersebut, Pandu Fuzztoni dan Angga Ishanders pun turut membantu penggarapan lagu "Terang".

Selain dalam format audio, mereka pun merilis video klip yang idenya berawal dari sang vokalis. Idenya adalah membuat video dokumentasi amatir, sambil berjalan-jalan, dengan efek slow motion sebagai penekanan untuk melihat frame by frame tentang pemaknaanya ceritanya. Penggarapan video dilakukan di udara terbuka, dari siang hingga menjelang malam. Kala itu, musim sedang dalam transisi dari hujan ke panas, tidak hujan, namun langit terasa sendu, seperti lagu itu sendiri. Latar tempat dari video ini berlokasi di Ancol, bertempat di gondola dan atas perahu. Proses produksi dan post produksi juga dibantu oleh beberapa teman, seperti Biring Milala sebagai videographer, Robby Barus sebagai editor, dan Sandy Roripandei sebagai color grader.

Single "Terang" mempunyai karakter yang berbeda dengan lagu lainnya. Single ini rencananya sebagai jembatan menuju album terbaru yang harapannya dapat dirilis di akhir tahun 2017. Menurut Karon N Roll, tentunya lagu ini tidak bisa mewakili seperti apa Karon N Roll saat ini, tapi memang itu cara pengenalan yang mereka inginkan, seperti re-branding, tapi dengan brand yang sama, namun beda isinya.

Foto: Steve Nuhumury

COMMENTS

You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.