Sindikat 31 Back in The Game! Ngomongin Perjuangan Pahlawan Indonesia

Sindikat 31 Back in The Game! Ngomongin Perjuangan Pahlawan Indonesia

Sumber Foto : Diambil dari rilisan pers Sindikat 31

Secara keseluruhan, single Epic Indonesia” ini menceritakan tentang masa-masa perjuangan pahlawan Indonesia ketika meraih kemenangan melawan penjajah

Negara Indonesia selalu menjadi bahan materi dalam pembuatan sebuah karya. Entah itu dilihat dari sudut pandang keindahannya, kebudayaannya ataupun hiruk-pikuk yang terjadi di dalamnya. Sudah banyak musisi-musisi yang mengangkat tema tentang Indonesia, seperti salah satunya adalah grup hip-hop lawas asal Jakarta, Sindikat 31. Pada Hari Pahlawan 10 November 2021 lalu merupakan hari spesial bagi Sindikat 31 karena setelah sekian lama tidak mengeluarkan lagu baru, trio Ruffie, Mbie dan Sidik yang melegenda dengan lagu "Kera Sakti" ini akhirnya kembali menyalurkan hasrat bermusiknya dengan merilis single bertajuk "Epic Indonesia". Secara keseluruhan, single ini menceritakan tentang masa-masa perjuangan pahlawan Indonesia ketika meraih kemenangan melawan penjajah.

Proses untuk mencapai perilisan single ini ternyata harus melewati perjalanan yang panjang. Terhitung dari tahun 2017 sebenarnya lagu sudah direncanakan akan dirilis pada tahun itu, lebih tepatnya selepas mengisi di sebuah konser kenamaan di Indonesia. Tapi karena satu dan lain hal, termasuk kendala mixing dan jadwal yang selalu bentrok, akhirnya lagu ini baru bisa diwujudkan tahun 2021 ini.

"Tertunda secara mixing & take vocal sudah pasti...kualitas lagu awal mixing tahun 2017 masih blm balance. Ditambah lokasi studio mixing yang kala itu memang jauh. Apalagi waktu dan kegiatan dari masing-masing kami berbeda," jelas Ruffie.

Ketika ditanya bagaimana proses pembuatan liriknya sendiri yang penuh kata-kata patriotik dan perjuangan pahlawan, Ruffie mengungkapkan “Masing-masing dari kami punya verse pure karya sendiri dan dikerjakan terpisah. Entah kenapa pas jadi, nyambung semua aja urutannya dan selalu begitu. Ibarat dengerin lagu ini pakai headset sambil merem, akan terasa atmosfirnya, seolah-olah terlibat dalam gerilya seperti yang ada di potongan video klipnya” tambahnya.

Sama halnya seperti proses perilisan, ternyata pembuatan video klip dari "Epic Indonesia" juga harus melalui rintangan yang cukup panjang dan berliku. Sejak dari awal tahun semua materi sudah dicicil termasuk untuk frame potongan dokumenter pertempuran Surabaya dikarenakan ada suara Bung Tomo di awal lagu. Sementara sisanya dikerjakan sendiri untuk pengambilan gambar di beberapa angle.

Ruffie kembali menambahkan bahwa mereka ingin agar lagu ini bisa menjadi pengingat untuk semua generasi terutama milenial agar tidak lupa akan perjuangan para pahlawan dalam memerdekakan Indonesia.

"Ini juga sekaligus jadi reminder buat rapper generasi sekarang yang ambisinya cuma buat unjuk gigi, saling mencela seenaknya. Kadang karya orang lain dianggap sampah dan sejenisnya. Sindikat 31 back in the game cuma mau mengingatkan asiknya back in the day, di mana semua raper masih satu visi & saling mendukung, ngerap untuk menghibur & menyampaikan pesan, bukannya saling menghina. This is Indonesia Bung....not West Coast or East Coast!" ungkapnya lagi.

Tak hanya berhenti sampai disini, Sindikat 31 juga sudah merencanakan untuk merilis lagi beberapa single baru bahkan remake dari lagu lainnya. Single "Epic Indonesia" sudah dapat dinikmati di berbagai platform musik digital dan MV dari lagu ini juga sudah dapat ditonton di kanal YouTube Sindikat 31.

BACA JUGA - Esensi Kejujuran Dari Mananda dan Riga Pratama di Single “Trust Issues”

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner