"Eleven Heroes Sumatera and Asia Tour 2018" (Bagian Dua)

Foto diambil dari akun Instagram Beside (@besideofficial).

Jurnal perjalanan dari Agrog (Beside) ketika melaksanakan tur di Pulau Sumatera dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Malaysia adalah negara kedua yang kami singgahi setelah Indonesia. Dari Medan, kami bertolak ke Johor Baru, Malaysia dengan menggunakan pesawat dari Kuala Namu ke Hang Nadim Internasional Airport di Batam. Dari Batam, kami menyebrang menggunakan speed boat ke Johor. Mengapa kami mampir ke Batam? Karena, awal rencananya di siang hari kami tampil di Batam dan malam harinya di Johor. Karena alasan waktu, kami membatalkan show di Batam dan langsung bertolak ke Johor. Kami sampai di Johor sekitar pukul 19.30 waktu Johor dan perform malam itu juga tepat pukul 21.00 waktu Johor.

Dengan waktu yang sangat mepet ini, kami tidak bisa berleha-leha. Kami bergegas ke hotel untuk menyimpan barang, tanpa mandi apalagi istirahat. Kami langsung menuju venue untuk perform malam itu. Untungnya, semua penampilan kita di Johor berjalan dengan lancar. Kami disambut hangat oleh teman-teman dari Malaysia dan beberapa kawan dari Indonesia yang memang bekerja di sana dan sengaja datang untuk menyaksikan penampilan kami. Selesai tampil, kami menuju hotel dan beristirahat.

Keesokan harinya, kami berangkat ke Kuala Lumpur untuk melanjutkan tur ke kota selanjutnya. Dari Johor, kami diantar ke terminal bus dan menempuh perjalanan selama lima jam karena lalu lintas yang terbilang padat untuk ukuran Malaysia. Tapi, itu tak jadi masalah karena kami jadi punya waktu untuk istirahat di perjalanan sebelum malam harinya tampil di The Bee Publika.

Ketika kami sampai di venue, kami langsung disambut oleh teman-teman Indonesia Metalhead Kuala Lumpur (IMKL). Mereka sangat antusias dengan kedatangan kami. Mereka selalu mendukung semua band dari Indonesia yang datang ke Malaysia, terutama di Kuala Lumpur. Setengah merchandise kami ludes di Kuala Lumpur dan show berjalan dengan lancar dan seru. Setelah show selesai, kami mendatangi teman-teman IMKL untuk berpamitan dan mengabadikan momen bersama mereka yang sangat terlihat gembira ketika bertemu saudara sebangsa dan setanah air.

Momen tur kami diselingi dengan penampilan di salah satu acara di Jakarta. Karena itu, esok paginya kami terbang sekitar pukul tujuh pagi. Setelah kami selesai tampil, kami melanjutkan tur kami di negara ketiga, yaitu Thailand.

Tepat pukul 03.30 WIB, kami berangkat ke Bandara Soekarno Hatta untuk kembali ke Kuala Lumpur dan bergabung dengan tiga orang kru yang sudah menunggu di Kuala Lumpur Internasional Airport. Hari itu, kami akan meninggalkan Malaysia dan terbang ke Thailand. Setelah check-in, kami menyempatkan diri untuk makan siang sebelum take-off pukul 16.00 waktu Kuala Lumpur.

Sesampainya di Bangkok, kami dijemput oleh Dila, teman kami di Thailand yang membantu kami dalam hal akomodasi. Kami tiba di hostel yang berada di Jalan Din Daeng setelah melalui perjalanan yang sangat macet. Setelah kami menyimpan barang dan alat tempur di hostel, Dila mengajak kami berjalan kaki di sekitar hostel. Kami pergi ke mini market dan mengunjungi Immortal Bar, venue yang akan kami pakai untuk perform. Tapi, kami tidak bisa masuk saat itu karena tempatnya sudah tutup.

Agung Suryana atau lebih dikenal dengan panggilan Agrog adalah generasi termutakhir dalam tubuh Beside. Ia berada di lini terdepan dan menjadi vokalis Beside sejak tahun 2014. Selain itu, ia aktif dalam sebuah proyek musik bernama Ensemble Tikoro.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.