A brief story : How we did our first album (part 1)

A brief story : How we did our first album (part 1)

AMPEX456 Reel to reel tape 2”

Sudah 2 minggu terkahir ini kepala saya dipenuhi dengan pikiran tentang ketemunya kembali pita master album pertama band saya yang sudah hilang hampir 20 tahun. Iya…kurang lebih 20 tahun..karena seinget saya terkahir saya tahu keberadaan barang itu adalah di sekitar tahun 1997 pada saat band saya mau mulai proses penggarapan album ke-2 yang saat itu juga dibarengin sama kondisi di Indonesia yang lagi ga enak pisan. Banyak kerusuhan sementara rekaman harus di Jakarta. Secara tidak terduga, tiba – tiba saja saya dapet kabar kalau ternyata pita master itu ada. Dua – duanya ada. Masih utuh komplit dengan recording sheet nya malah. Meskipun keadaannya belum diketahui apakah masih bagus atau ngga, karena ketimbun di dalem ruangan (gudang) selama bertahun – tahun. Tapi dengan diketemukannya barang ini, beberapa ingatan muncul lagi. Terutama ingatan saat proses rekaman dengan pita itu. Rekaman album pertama. Nah sedikit ingatan itu yang mau saya bagi disini. Boleh ya?

Pita master AMPEX456 2”

Album pertama band saya di rekam tahun 1995 di Jakarta. Tepatnya di studio Triple M di daerah Harmoni. Proses rekaman nya ga lama cuman 2 kali sesi rekaman masing – masing kalo ga salah 2 shift, dalam waktu ga lebih dari 1 bulan. Jadi total nya 4 shift. Nah 4 shift itu kita dapet jatah dari sisa shift rekaman nya Pas Band yang waktu itu baru di kontrak sama Akuarius. Total sisa shift rekaman nya pas band kalo ga salah ada 8 shift, tapi di bagi 2 antara band saya sama Puppen.

Mixer trident 24 track & Tape loader studer + remote (poto hanya contoh)

Waktu itu dapet jatah rekaman 4 shift rasanya udah “lega” banget. Modal kita cuman punya 7 lagu. Knowledge tentang rekaman mungkin cuman ada di level 20, dalam skala 1 – 100. Blah bloh asli da ngga tau harus gimana. Belom pernah liat orang rekaman, belom pernah masuk studio rekaman yang kelas nya serius. Jadi waktu itu, kondisinya adalah sang operator, Mas Harri Widodo (almarhum) adalah semacam “big boss” yang harus diturut dan susah untuk di bantah. Ya mau bantah apa…liat tangan – tangan yang cekatan oprak oprek mixer trident yang konon dateng dari london…terus mesin pemutar pita 2 inch yang gedenya macam kulkas 1 pintu pleus remote control nya yang gede juga sampe harus pake penyangga kayak meja mimbar ceramah. Takjub ga ketulungan ditambah gugup setengah mampus. Terdengar berlebihan ya? Mungkin sih. Ya gimana ngga, Studio Triple M & Mas Harri itu udah ngerjain rekaman band – band gede macam roxx, edane dan pas band. Terus kita sekarang mau rekaman disitu…wedew.

Almarhum Mas Harri Widodo, sound engineer Triple M Studio

(photo milik majalah Rolling Stone Indonesia)

Karena jatah shift yang terbilang sangat mepet, akhirnya kita sepakat untuk agak menahan diri. Berbagai macam referensi sound yang diambil dari beberapa band yang sebelomnya sudah dipersiapkan, weezer, smashing pumpkins, my bloody valentine untuk sound gitar distorsi, the cure & ocean blue untuk sound gitar clean, marillion untuk sound bass & drum dan ride untuk vocal. Tapi ujung – ujung nya kita harus pasrah untuk mengikuti template sound yang memang sudah menjadi “trademark” nya mas harri. Bukan karena beliau otoriter, tapi kalau mau ngikutin apa yang kita minta satu – persatu secara detail, mungkin akan memakan banyak waktu. Akhirnya, ya pasrah aja. Ga ada karakter sound yang memang sudah direncanakan. Belom lagi kalau kata mas harri waktu itu: “ini beda sama rekaman band rock pada umumnya, band ini banyak banget bagan instrumentnya. Layer gitar aja ada banyak. Yang intinya aja 3, gitar elektrik 2 ditambah gitas akustik 1. Belum lagi penambahan fill dan lain – lainnya. Akan memakan banyak track & waktu kalo harus ngikutin referensi sound dari kita”. Ya sudahlah. Namanya juga amatir. Beng Beng (gitaris Pas Band) juga menyetujui omongan mas harri. Ga akan bisa terlalu maksimal & optimal kalo shift nya terbatas. Mungkin lain kali katanya. Oh iya, Beng Beng ini setia selalu menemani selama rekaman. Dia selalu ikut baik sesi rekaman pertama maupun kedua. Fill gitar di tengah – tengah lagu “desire” yang rebut pake distorsi & wah wah itu juga masukan dari beng beng.

(bersambung)

Bassist of:
Pure Saturday
D'Ubz Bandung
A4/Akustun Band

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner