Tiga Musisi yang Sering Menggunakan Bass Rickenbacker di Atas Panggung

Tiga Musisi yang Sering Menggunakan Bass Rickenbacker di Atas Panggung

Sumber foto : https://www.vintageandrare.com

Bass Rickenbacker seri 4003 menjadi pilihan 3 musisi berikut ini untuk penampilannya diatas panggung.

Dilansir dari Wikipedia, Rickenbacker merupakan produsen gitar elektrik yang berbasis di Santa Ana, Caifornia, Amerika Serikat. Pada tahun 1932, perusahaan ini menjadi yang pertama memproduksi gitar elektrik dan gitar bass. Gitar yang diproduksi oleh perusahaan ini dijuluki “wajan penggorengan” karena memiliki neck gitar yang panjang dan body melingkar. Sedangkan untuk gitar bass diproduksi mulai tahun 1957, dan bass pertama dari Rickenbacker adalah seri 4000.

Pada tahun 1960, Rickenbacker menjalin kerja sama permanen untuk penampilan The Beatles, selama perjalanan awal John Lennon yang menggunakan gitar Rickenbacker dalam penampilannya. Setelah menjalani tur musim panas pada tahun 1965, Paul McCartney sering menggunakan bass Rickenbacker seri 4001 kidal, karena nadanya lebih cocok untuk rekaman. Bass 4001 ini sendiri menjadi populer dan mempengaruhi bassis lainnya seperti Lemmy Kilmister (Motorhead), Geezer Butler (Black Sabbath) dan masih banyak lagi. Untuk Lemmy Kilmister, Rickenbacker memproduksi bass signature Lemmy, dengan desain ukiran yang rumit berbentuk daun ek seri 4004LK.

Di Indonesia ada beberapa bassis yang sering menggunakan bass Rickenbacker untuk menunjang penampilannya saat berada diatas panggung. Untuk hal itu, DCDC merangkum tiga musisi yang menggunakan bass Rickenbacker dalam penampilannya. Siapa saja mereka? Simak daftarnya berikut ini.

Mohammad Almi Hussein

Sumber foto : Instagram @naifband

Emil sapaan musisi ini, Ia membuat band Naif bersama David, Pepeng, Jarwo sejak 1995 hingga saat ini, yang masih berkarya dan aktif tampil dari panggung ke panggung. Permainan bass yang mumpuni dari Emil terbukti dalam ke tujuh album yang ia hasilkan bersama Naif. Dalam beberapa penampilannya diatas panggung, Emil menggunakan bass Rickenbacker seri 4003.

Aditya Baja Mulyana

Sumber foto : Instagram @thesigit_

Adit dengan permainan bass yang handal mampu melahirkan 3 album bersama The Sigit dari tahun 2002. Ia memiliki beberapa bass untuk menunjang penampilanya, salah satunya Rickenbacker seri 4003. 

John Paul Patton

Sumber foto : Instagram @penerbangroket

John Paul Patton, atau akrab disapa Coki, adalah salah satu musisi yang handal untuk soal mencabik senar bass bersama bandnya Kelompok Penerbang Roket, Coki telah menghasilkan album yang langsung mengguncang skena musik tanah air. Di setiap penampilannya, bass Rickenbacker seri 4003, menjadi pilihannya untuk menunjang penampilannya diatas panggung.

BACA JUGA - Dua Kubu Gitar: Gibson SG dan Fender Telecaster

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner