Tiga Band Ini Menggambarkan Nasionalisme Dengan Musik dan Cara yang Berbeda

Tiga Band Ini Menggambarkan Nasionalisme Dengan Musik dan Cara yang Berbeda

Sumber foto : Diambil dari video klip Kelompok Penerbang Roket – "Dimana Merdeka"

DCDC telah memilih tiga band yang membawa lagu tentang nasionalisme, dan cara mereka memaknainya hingga diaplikasikan dalam bentuk lagu.

Musisi terkadang mempunyai sudut pandang sendiri dalam memaknai nasionalisme. Di era sekarang, menunjukan jiwa patriotisme sudah tidak perlu lagi dengan cara mengangkat senjata, tetapi dengan melahirkan karya. Tidak sedikit band atau musisi yang menuangkan pujian dan kecintaan kepada negaranya yang dibalut dalam kemasan lagu. Namun seiring dengan berkembangnya waktu, tidak sedikit juga band yang memberikan kritikan atau protes kepada negaranya, dengan ciri khas musik yang mereka bawakan. Berikut DCDC telah memilih tiga band yang membawa lagu tentang nasionalisme, dan cara mereka memaknainya hingga diaplikasikan dalam bentuk lagu. Siapa saja mereka? Simak daftarnya berikut ini.

Komunal – "Padamu Negeri"

Berbicara nasionalisme, hal itu tergambar dalam salah satu album Komunal bertjudul Gemuruh Musik Pertiwi, yang juga terlihat dalam sampul albumnya dengan memperlihatkan gagahnya garuda seperti halnya lambang negara Indonesia. Namun selain itu, Komunal juga menuangkan kegelisahan yang mereka rasakan tentang negeri ini, tepatnya di track nomor empat dalam album ini. Lagu ini secara isiannya bercerita perihal tertutupnya pemimpin-peminpin yang sudah tidak mendengar keluh kesah dari masyarakatnya, namun tetap mencintai dan mengabdi walau kemajuan yang diharapkan itu sudah tidak ada. Memang sudah tidak mudah kita memberikan usul atau saran langsung kepada para petinggi negara dengan dengan cara demo turun langsung ke jalan atau berbagai macam hal, akan tetapi disini Komunal mencoba memberikan kritikan tentang kegelisahannya lewat lagu “Padamu Negeri”.

Kelompok Penerbang Roket – "Dimana Merdeka"

Ketika banyak band rock Indonesia memulai awal karier mereka dengan mengiblat ke dunia barat, tidak halnya seperti Kelompok Penerbang Roket. Mereka hadir dengan niat ingin melestarikan kembali musik rock tanah air tahun 70an, yang juga tergambar di lagu mereka berjudul “Dimana Merdeka”. Dalam lagu ini, Kelompok Penerbang Roket ingin meluapkan isi hati dari orang orang kreatif di negeri ini, dimana kata merdeka sendiri mempunyai arti tentang komitmen yang diambil dengan keputusan sendiri, dan berani mempertanggung jawabkannya. Dengan lagu ini juga, mereka mencoba memberikan pengaruh positif untuk para pendengarnya agar bisa berkarya tanpa harus dibatasi oleh pihak manapun. Ini terlihat pada bait kedua di lagu mereka yang berbunyi “Dimana mereka, mereka yang beda? Apa masih ada? Yang merdeka!.”

Jasad – "Cengkram Garuda"

Untuk merayakan pesta kemenangan bulan kemerdekaan ini, lagu “Cengkram Garuda” dari Jasad bisa menjadi salah satu pilihan songlist kalian. Band beraliran death metal asal Kota Bandung ini menyuguhkan karya bertema nasionalisme. Lirik yang bisa terbilang puitis mereka persembahkan untuk bumi pertiwi. Meskipun secara isian dari keseluruhan lagu ini adalah kritikan, namun Jasad selipkan beberapa kata-kata kecintaannya pada negeri ini, dan bersedia berjuang bersama-sama. “Pekikanmu tak lagi membelah bumi, Suaramu tak lebih dari kicau burung kenari, Kegagahanmu telah lama dibeli dan dikebiri, Namun aku akan selalu setia menemani. Karena aku tak akan membiarkanmu mati, Selalu menjagamu dalam setiap hembusan nafasku.” Sekilas mungkin ini bukan lirik yang lazim dipakai untuk musik dengan genre death metal, namun Jasad bisa membawakan lagu ini dengan apik, dimana hal itu terdengar pada menit ke tiga sepuluh detik lagu ini berjalan, ketika tempo yang sebelumnya dihajar kencang tanpa ampun, tiba-tiba berubah seperti musik Slamming, yang bisa dibilang ini bagian yang bisa dinikmati dengan sangat khidmat.

BACA JUGA - Lima Band yang Bermusik Dengan Merdeka dan Tanpa Batas

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner