Terobosan Sony, Putar Lagu 100 Tahun Non-Stop Via Pita Kaset?

Terobosan Sony, Putar Lagu 100 Tahun Non-Stop Via Pita Kaset?

Dilansir dari Mashable, pita kaset Sony diklaim memiliki tingkat kepadatan kemampuan rekam 74 kali lebih besar dari kapasitas pita yang ada saat ini.

Bagaimana jika anda memiliki sebuah  gulungan pita kaset analog, yang tidak akan selesai diputar meski menghabiskan waktu selama 100 tahun non-stop?  Betul memang, penggemar dan penikmat musik beberapa tahun kebelakang dimanjakan dengan kehadiran ipod, mp3 player, walkman, dan discman. Namun perangkat musik produksi Apple mampu menampung seluruh koleksi musik terbesar dan pilihan jatuh ke  perusahaan milik mendiang Steve Jobs itu.

Kini, posisi Apple sepertinya akan digeser pelan-pelan oleh Sony. Perusahaan asal negeri Matahari Terbit mampu menciptakan sebuah pita kaset berkapasitas ‘godzilla’, yakni 185 terabita.

Bisa dibayangkan, berapa banyak musik yang  mampu tersimpan dalam sebuah pita kaset analog lansiran terbaru Sony tersebut. Hasil perhitungan Mashable, pita kaset Sony digadang-gadang mampu menampung hingga 60 juta lagu. Sebagai ukuran perbandingan, jika waktu hidup seorang manusia mencapai 100 tahun, ia hanya mampu mendengar sekitar 17 juta lagu saja sepanjang hayatnya. Tidak berhenti, bahkan saat tidur, ke wc, makan, mandi dan melakukan aktifitas sehari-hari lainnya pun termasuk di dalamnya.

Dilansir dari Mashable, pita kaset Sony diklaim memiliki tingkat kepadatan kemampuan rekam 74 kali lebih besar dari kapasitas pita yang ada saat ini. Para ilmuwan yang dimiliki oleh Sony, bekerja bersama teknologi yang mumpuni – membenamkan sebuah terobosan modern yang mampu membuat partikel di dalam pita tersebut tidak mengembang terlalu besar dan lebih seragam. Dengan demikian, tidak akan boros ruang penyimpanan. Inovasi lainnya, lapisan magnetis pada pita kaset diletakkan terpisah, agar meminimalisir gangguan suara sehingga hasil yang direkam, didengar semakin paripurna.

Pita yang diciptakan oleh Sony tersebut merupakan jawaban bagi perusahaan teknologi duni macam Facebook, Twitter, Instagram, dll untuk kebutuhan penyimpanan data mereka.

Mau?

Sumber tulisan : https://www.suara.com/tekno/2014/05/06/171441/pita-kaset-ini-bisa-simpan-60-juta-lagu

BACA JUGA - Pita Kaset Analog Penyimpan Jutaan Data Digital

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner