Tentang Bapak yang Tercermin Indah Oleh Lagu Kapal Udara

Tentang Bapak yang Tercermin Indah Oleh Lagu Kapal Udara

Kapal Udara yang DCDC pilih sebagai Rocka Rookie bulan November ini sanggup mempresentasikan tema personal ini dengan balutan musik otentik yang terasa rasa ‘Indonesia’ nya

Keriaan kala menyapa pendengar kembali Kapal Udara suguhkan kala merilis single terbarunya yang berjudul “Teka-Teki Bapak”. Semakin bertambah istimewa kala perilisan single ini bertepatan pada hari ayah, yang diperingati setiap tanggal 12 November. Bukan tanpa alasan kenapa single ini dirilis pada hari ayah, mengingat secara penulisan lagu ini memang mengisahkan tentang sosok seorang bapak/ayah.

“Tiap orang punya bapak dengan karakter berbeda-beda. Kadangkala budaya tempat kita hidup turut mempengaruhi karakter tersebut. Bagi yang hidup di budaya patriarki, menjadi seorang bapak harus memanggul beban menjadi ‘pemimpin’, berwibawa, berani, tegar, kuat, dan sejumlah sifat maskulin lainnya. Hal ini membuat bapak menampakkan rasa sayangnya ke anak dengan cara yang sangat berbeda dengan ibu, terlihat dari cara berkomunikasi bapak ke anak (terutama laki-laki) yang terkesan ‘dingin’, canggung, tak banyak bicara, dan lain sebagainya”, ujar mereka melalui siaran persnya.

Situasi seperti itu juga dirasakan oleh para personil Kapal Udara: Muhammad Ayat (vokalis), Saleh Hariwibowo (gitaris), Mardhan Maing (bassis), dan Bobby Pramusdi (drummer). Lewat obrolan-obrolan saat bertemu, curhatan-curhatan keluarga, serta ide-ide karya, akhirnya Kapal Udara mengerucutkan hal tersebut ke dalam lagu “Teka-Teki Bapak”.

Lagu ini telah rilis perdana di kanal YouTube Kapal Udara pada 12 November 2021, bertepatan dengan hari Ayah Nasional. Teka-Teki Bapak dirilis dalam bentuk video musik yang berisi gambar-gambar bapak: kiriman dari teman-teman dekat Kapal Udara. Sebagai tambahan, lagu "Teka-Teki Bapak" merupakan single kedua yang dirilis Kapal Udara dari album Suakajiwa. Sebelumnya Kapal Udara juga telah merilis single "Rumah Teman" di berbagai platform digital. Melalui lagu Teka-Teka Bapak, dan momentum hari Ayah Nasional, Kapal Udara ingin mengajak kita semua untuk mengenang dan memaknai kembali momen-momen bersama bapak. Simak lagunya melalui tautan di bawah ini.

Tentang tema orang tua ini nampaknya menjadi satu hal yang tidak bisa luput dari penulisan lagu. Banyak kita temui lagu-lagu bertema ibu atau ayah. Iksan Skuter pernah menyentuh pendengar lewat lagu “Bapak”. Sejalan dengan apa yang dipaparkan Iksan, Kapal Udara mengamini jika sosok ini merupakan sosok penting yang kerap bertingkah seperti cameo dalam film. Tidak menjadi sorotan utama namun jejak cintanya begitu kentara, bersama sosok ibu yang bahu membahu membangun ‘monumen’ rasa bagi anaknya.

Kapal Udara yang DCDC pilih sebagai Rocka Rookie bulan November ini sanggup mempresentasikan tema personal ini dengan balutan musik otentik yang terasa rasa ‘Indonesia’ nya. Entah itu dari pemilihan notasi atau cara mereka membawakan lagu ini, terutama pada departemen vokalnya yang diolah sedemikin pula hingga di beberapa bagian disajikan dengan vokal keroyokan. Menyenangkan mendapat warna menyegarkan dari musik folk yang kadung orng hubungkan dengan kopi dan senja. Di lagu ini, kenikmatan mendengarkan folk tidak hanya terpatok pada seruputan kopi dan warna lembayung di senja hari, tapi pada setiap waktu yang dihabiskan untuk mengenang orang tua kita, khususnya sosok ayah atau bapak.

BACA JUGA - Mendekat dan Merasa Hangat Dengan Karya Kapal Udara

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner