Teknik Vokal Yang Benar Dalam Bernyanyi

Teknik Vokal Yang Benar Dalam Bernyanyi

Sudahkah anda tahu teknik vokal yang benar dalam bernyanyi itu seperti apa? Saat anda bernyanyi, anda harus memperhatikan artikulasi atau cara pengucapan kata dengan baik dan benar. Cara pernapasan pun harus selalu di perhatikan, bernapas menghirup udara penuh dan mengeluarkannya secara perlahan. Hiruplah udara melalui hidung, lalu kemudian di simpan dan dikeluarkan kembali melalui mulut dengan perlahan, tidak secara terputus – putus. Karena dengan teknik vokal yang benar dalam bernyanyi anda bisa dengan mudahnya menguasai lagu – lagu yang akan anda nyanyikan. Disamping itu pula anda akan merasa percaya diri, karena  teknik vokal yang benar dalam bernyanyi sudah anda kuasai.

  1. Pernapasan –  Sangat cocok bagi seorang penyanyi yang mudah lelah menggunakan pernapasan dada. Jika anda menggunakan pernapasan perut, udara yang anda gunakan akan cepat habis dan cepat merasa lelah. Pernapasan perut kurang cocok jika diterapkan dalam bernyanyi, pernapasan diafragma sangat menunjang untuk kesuksesan membawakan sebuah lagu. Dengan pernapasan ini anda akan merasa mudah mengatur suara dan mempunyai power yang sangat stabil. Udara dikumpulkan dan disimpan di antara dada dan perut, lalu dikeluarkan secara perlahan.
  2. Penggalan Kalimat – Anda harus bisa mengucapkan kata – kata  pada kalimat – kalimat lirik lagu dengan benar dan jelas. Sehingga pendengar dapat mengerti apa yang sedang anda ucapkan/nyanyikan. Lakukan penggalan kalimat dengan benar, sesuai kaidah – kaidah yang berlaku.
  3. Posisi Bernyanyi – Sebenarnya posisi dalam bernyanyi tergantung kenyamanan anda, tidak ada larangan yang mengharuskan posisi dalam bernyanyi. Berdiri, duduk dan tidur  juga bisa anda lakukan dalam bernyanyi. Tetapi harus anda ketahui, bahwa bernyanyi dalam posisi tegak berdiri sangat cocok untuk saluran pernapasan anda.
  4. Vibrato – Seorang penyanyi harus bisa memperindah suara dengan cara mefungsikan rongga – rongga udara yang turut bervibrasi atau bergetar di sekitar mulut dan tenggorokannya. Selain itu juga, anda harus bisa menguasai teknik mengatur gelombang suara yang bergetar secara teratur, yang disebut dengan vibrato. Untuk teknik vibrato, biasanya seorang penyanyi menerapkannya di akhir kalimat sebuah lagu.
  5. Improvisasi –  Mungkin anda di tujukan untuk bernyanyi dengan lagu yang tidak anda sukai, sehingga anda merasa kurang percaya diri. Untuk itu anda harus bisa berimproviasai, dengan cara memberi warna vokal yang lebih indah dari lagu asli nya. Anda bisa memberikan sedikit nada dan kalimat yang anda sukai, asalkan tidak mengubah melodi dalam irama lagu terbut.
  6. Intonasi – Anda harus bisa menjangkau suatu nada dengan tepat, dalam teknik vokal ini disebut dengan intonasi.  Hal ini sangat penting sekali bagi seorang penyanyi, selalu bisa mengontrol pernapasan dan pendengaran musik yang baik. Teknik vokal yang benar tidaklah mudah untuk dilakukan. Namun, jika anda bersungguh – sungguh mempelajarinya, anda akan mendapatkan apa yang anda inginkan, termasuk menguasai teknik vokal yang benar dalam bernyanyi.

Pelajari teknik vokal yang benar dalam bernyanyi, dengan begitu anda akan mudah menyanyikan lagu kesayangan anda sendiri. Dengan teknik vokal yang benar, maka anda akan mudah mendapatkan kenyamanan dalam membawakan sebuah lagu. "Pernapasan, Penggalan Kalimat, Posisi Bernyanyi, Vibrato, Improvasi, dan Intonasi". Itulah yang harus anda pelajari. Gunakan waktu berlatih secara efektif, sehingga anda akan mudah mencerna kualitas vokal yang anda inginkan.

Sumber : anakmusik.com

Foto : Istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner