Tahun Yang Baru, Keberuntungan Yang Baru

Tahun Yang Baru, Keberuntungan Yang Baru

Pada tahun 2022 rasanya semua musik punya peluang yang sama untuk kembali bersinar. Jika kita pantau selama perjalanan krisis pandemi, para musisi tetap tidak kehilangan gairah untuk membuat karya

Halo para pembaca DCDC yang budiman, selamat tahun baru.

Hari ini akhirnya kita bisa menginjakan umur pada tahun 2022. Menurut mitos katanya setiap tahun dengan angka kembar akan membawa keberuntungan. Semoga saja. Bagaimanapun bagi siapa saja yang berhasil hidup selama dua tahun kebelakang tentu manusia-manusia yang beruntung. Beruntung lolos dari cengkraman virus yang mematikan. Semoga saja keberuntungan akan selalu menyertai kita ditahun ini dan tahun-tahun selanjutnya.

Bagi musisi yang masih konsisten berkarya pada dua tahun terakhir juga merupakan keberuntungan. Ditengah situasi yang mencekam dan pembatasan disemua sektor ditambah situasi ekonomi yang juga morat-marit. Imbas yang paling terasa tentu pada menurunnya daya beli masyarakat. Yang artinya boro-boro beli produk rekaman buat bertahan hidup sehari-hari saja sudah untung. Namun itu bukan jadi alasan buat para musisi dengan nyali tinggi yang tetap gaspoll bikin karya. Sekedar untuk jadi wadah menuangkan keluh kesah dengan cara kreatif adalah sebuah keberuntungan juga.

Sebagai gambaran tentang keberuntungan, rasanya kita harus iri pada kawan-kawan di Solo yang berhasil menggelar “Rock In Solo: Apokaliptika A Journey Of Rock In Solo”. Sebuah pagelaran konser musik yang menampilkan band metal kebanggaan kota Solo, Down For Life yang berkolaborasi dengan musik gamelan. Dibawah dukungan penuh pemerintah kota Solo dan pelaksanaan dengan  penerapan prokes yang ketat konser ini berhasil menjawab ketakutan publik utamanya satgas covid.

Lalu bagaimana dengan prediksi musik tahun 2022 ini? kira-kira musik apa yang bakalan bersinar dan meraih banyak penggemar? Pada tahun 2022 rasanya semua musik punya peluang yang sama untuk kembali bersinar. Jika kita pantau selama perjalanan krisis pandemi, para musisi tetap tidak kehilangan gairah untuk membuat karya. Bahkan rata-rata krisis ini mereka jadikan momentum sebagai sumber inspirasi. Mencoba merekam wajah zaman yang sedang muram dalam berbagai komposisi.

Jika pada akhirnya ada yang muncul dan bersinar pun itu bukan karena keberuntungan. Semuanya kembali lagi pada konsistensi dan kerja keras mereka untuk bisa memanfaatkan dan memaksimalkan setiap peluang. Konser dilarang, bikin konser virtual, jualan dilarang bisa jualan secara online, press confrence ‘ga boleh bisa pakai zoom. Jika semua lini digital bisa dimaksimalkan dalam rangka ‘melawan’ pembatasan rasanya semua akan punya peluang yang sama. Selamat menjalani karir pada tahun 2022, semoga keberuntungan akan selalu menyertai kita semua.   

BACA JUGA - Sebelum Matahari Terbit Dari Barat Musik Akan Terus Bergema

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner