Song Review : Sisi Romantis Parahyena Lewat Lagu Di Bawah Rembulan

Song Review : Sisi Romantis Parahyena Lewat Lagu Di Bawah Rembulan

Pada lagu berjudul "Di Bawah Rembulan" Parahyena memasukan unsur beluk, dan diselipi lirik berbahasa sunda. Beluk adalah seni vokal tanpa iringan instrumen, khas masyarakat sunda yang sekarang ini sudah langka untuk kita temui

Diantara lagu-lagu Parahyena yang sedikit ‘nakal’, dengan sisipan gaya penulisan lirik jenaka, ada satu lagu yang dinilai punya gaya lain, baik dari sisi atmosfir lagunya, maupun isian lagunya. Lagu itu berjudul “Di Bawah Rembulan”. Secara isian liriknya, lagu ini bercerita tentang sepasang manusia yang sedang menikmati ketertarikan satu sama lain. Rembulan di analogikan sebagai sosok perempuan dambaan yang memiliki daya tarik tinggi, menenangkan, menerangi dan menonjol diantara hiasan langit lainnya. Suasana malam dibawah sinar bulan membuat kedua insan yang jatuh cinta ini seketika membisu, dan keduanya hanya bisa menatap langit sambil menghitung bintang membuat kenangan yang tak begitu saja dapat dilupakan.

Pada lagu ini Parahyena memasukan unsur beluk, dan diselipi lirik berbahasa sunda. Beluk adalah seni vokal tanpa iringan instrumen, khas masyarakat sunda yang sekarang ini sudah langka untuk kita temui. Kesenian ini tersebar di wilayah agraris dan terutama di dataran-dataran tinggi, mulai dari Banten, Sumedang dan Tasikmalaya. Parahyena mencoba untuk mengkompromikan unsur tradisi dengan instrumen lain sehingga menjadikannya sebuah karya baru.

Dilihat dari latar belakang kelompok musik ini, yang bisa dibilang lahir dan besar di tanah sunda, membuat mereka banyak memasukan unsur seni dan budaya sunda, karena sunda adalah hal yang paling dekat dengan Parahyena. Tidak hanya pada single “Di Bawah Rembulan”, pada album pertama yang berjudul Ropea, Parahyena pun menawarkan musik yang diperoleh dari unsur-unsur tradisi, yang ditransformasikan kedalam bentuk karya musik yang unik.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner