Song Review : Mad Madmen – ‘’5's & 7's’’

Song Review : Mad Madmen – ‘’5's & 7's’’

Foto didapatkan dari rilisan pers Mad Madmen

Musik Mad Madmen mungkin tidak akan ditemukan di banyak tempat, karena mereka tidak terlalu ‘memanjakan’ pendengar dengan pilihan nada-nada ringan atau balutan aransemen musik yang so called diterima ‘pasaran’.

Mendengarkan musik Mad Madmen seperti sedang melarikan diri dari sebuah cafe dengan lagu-lagu top 40 pilihan, lalu kemudian berdiam diri di kamar menemukan dunianya sendiri dengan segala macam reka imajinasi yang dikehendaki. Musik mereka mungkin tidak akan ditemukan di banyak tempat, karena sejatinya mereka tidak terlalu ‘memanjakan’ pendengar dengan pilihan nada-nada ringan atau balutan aransemen musik yang so called diterima ‘pasaran’.

Nada dan ritmis yang dibalut teknik sycopation (singkup) hingga tutti di banyak bagan lagu bisa dibilang bukan hal yang ‘ramah’ bagi pendengar awam, yang menjadikan musik hanya sebagai hiburan. Tapi dengan begitu, Mad Madmen kemudian menjadi ancaman karena musiknya yang perlahan beranjak meneror bagi telinga yang ingin berpetualang lewat sebuah lagu. Dalam hal ini, mengerucut pada single baru mereka yang berjudul ‘’5's & 7's’’.

Menarik untuk ditulis adalah saat Mad Madmen menggelar resepsi ‘pernikahan’ antara bass dan drum di intro lagu ini. Keduanya terasa begitu kawin hingga saking asiknya ‘bercinta’ mereka bahkan tidak peduli jika ada banyak pasang telinga yang mengikuti arah mereka berlaku, sebagai sebuah bangunan ritmis yang solid. Ditingkahi aksen harmonik dan ghost note dalam permainan bass dan gitarnya, Mad Madmen kemudian melanjutkan perayaan aransemen lagunya dengan birama yang kemudian berganti dari 5/4 ke 7/4, lalu masuk terompet dan saxophone yang memberi aksen serta nuansa menarik di lagu ini. Tidak cukup sampai sana, permainan gitar yang meliuk menarik di interlude lagu ini juga sayang jika dilewatkan begitu saja.

Mendengarkan mereka seperti mendapat sensasi yang kontras dibanding saat kita mendengarkan lagu folk misalnya, yang memang hanya ditingkahi satu bentuk aransemen yang cenderung monoton, namun berisikan lirik yang banyak bercerita. Nah, kebalikan dari itu, lagu ‘’5's & 7's’’ seperti minim bercerita lewat lirik, dan bahkan disatu sisi, saya atau mungkin beberapa orang lainnya kurang bisa menangkap maksud dari lirik lagu ini, namun kemudian lagu ini diuntungkan dengan olahan aransemen musiknya yang seru.

Tentang hal ini, diakui Kalam (gitar, vokal) jika lagu ini bercerita tentang sebuah pseudo-realita akan pembuatan lagunya sendiri, dan pada akhirnya membentuk Mad Madmen. Satu hal yang kemudian dikuatkan pula oleh musiknya yang menurut Thareq Satria Lubuk (drum) menggambarkan ciri dari Mad Madmen itu sendiri. Menurutnya perubahan dinamika, rasa, ketukan, dan sebagainya sepertinya sudah jadi syarat mutlak untuk setiap lagu Mad Madmen, dan tiap-tiap elemen tersebut ada di dalam lagu “5’s & 7’s” ini.

Keriaan yang terdapat dalam aransemen musik lagu ini selain memang dimainkan oleh para personil, yang terdiri dari Kalam Mahardhika (gitar, vokal), Marvin Muhammad(bas, vokal) dan Thareq Satria Lubuk (drum), trio ini juga mengajak beberapa musisi lain dalam proses penggarapan lagunya, dari mulai Agustinus Panji Mardika (terompet), Refo Ramadhan (alto saxophone), dan Gracia Andrea (vokal latar).

Sediki trivia menarik tentang lagu ini, di mana “5’s & 7’s” sendiri ternyata sudah mulai dikerjakan sejak tahun 2016. Saat itu, Marvin dan Kalam bermaksud merilis lagu ini untuk proyek solo dari Kalam, namun kemudian mereka memutuskan untuk menjadikan lagu tersebut sebagai materi dari Mad Madmen. Trivia lainnya, inspirasi judul lagu ini diambil dari salah satu lagu milik Queens of the Stone Age berjudul “3’s & 7’s” pada album Era Vulgaris.

BACA JUGA - Song Review : Morfem – ‘’Binar Wajah Sebaya’’

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner