Song Review : Impromptu – “I Love You, I Said”

Song Review : Impromptu – “I Love You, I Said”

Dari dalam negeri akan saya awali dari nama Alexandra J. Wuisan (Cherry Bombshell, Sieve, Gergasi Api), Widy (Cherry Bombshell, Silverglaze, Lass), Arina Ephipania (Mocca), Aprilia Apsari (WSATCC), Irene Yohanna  (Everybody Loves Irene) dan kini saya memasukkan nama Brigitta dari Impromptu.

Sedikit melompat, lima bulan sejak merilis single kedua, Impromptu, unit alternative pop asal Yogyakarta ini menjadikan single ketiga “I Love You, I Said” sebagai materi non-album yang akan dikumpulkan menjadi bagian dari EP perdana milik Impromptu. EP-nya sendiri  direncakan akan rampung dan dirilis pada Januari 2022 mendatang. Masih dengan formasi Brigitta, Satya, Resya, dan Panji, Impromptu belum bosan memberikan kejutan pada karya mereka.

Di awal tulisan ini saya sempat mengutarakan secuil romantisme alternative pop yang kini dinadakan kembali oleh Brigitta sang vokalis Impromptu. Ia sedikit menjelaskan narasi dibalik makna “Self Love” yang terkandung dalam single ketiganya itu seperti apa. Begini kutipannya, "menurutku, sayang sama diri sendiri punya level yang berbeda dan penting sih dalam hidup". Ia melanjutkan, bahwa single “I Love You, I Said” adalah sebuah pengingat atas momen mencintai diri sendiri sebagai proses seumur hidup manusia. Meski tampak sederhana, mencintai diri merupakan sebuah bagian rumit dari kehidupan yang terdiri atas mengenali diri sendiri; baik-buruknya, keinginannya, dan hal lain yang membutuhkan ketangguhan. Oleh sebab itu, lagu ini ingin merekam lebih jauh proses jatuh-bangun seseorang dalam menemukan diri sendiri.

Keraguan diri, perasaan tidak aman, dan kegelisahan lain yang sering kali terbawa dalam proses mencintai diri hendak dibekukan dalam momen ketika larik “I don’t believe that it’s over by now, I don’t believe” dimainkan. Titik konflik yang hadir tersebut kemudian disambut oleh keheningan sesaat yang merupakan simbol dari momen refleksi dan kebutuhan manusia untuk rehat dan melihat ke dalam diri sesekali. Pada akhirnya untuk melihat gambaran yang lebih besar di akhir; bahwa kita masih punya diri kita sendiri. Sekarang dan selamanya.

Secara musikalitas, Impromptu berusaha mengemas musik pop menjadi lebih padat berisi. Materi sehat, narasi sempurna. Eksplorasi musik mereka sedikit bergeser dari yang awalnya jangly dan twee, lalu mulai memasukkan unsur rock dan pop yang jauh lebih bertenaga dan ear-friendly. Sedikit kontra dengan pernyataan salah satu personilnya,"Kami dibilang kurang pop selama ini, yaudah kami coba nih bikin yang ‘nge-pop’. Semoga ngga kecewa hahaha" jelas Resya dengan tertawa. Justru musik mereka lebih berisi daripada karya mereka terdahulu.

Proses produksi "I Love You, I Said" dimulai pada bulan Juni 2020 dan selesai Mixing-Mastering dua bulan setelahnya. Sama seperti dua single sebelumnya, lagu ini kembali di produksi oleh Damar Puspito dan seluruhnya direkam di 101 Music/Niskala Audio Labs, Yogyakarta. Artwork single ini dikerjakan oleh Rr. Kintan Dewi Girindra, dibantu oleh Refanda Suryo Kusumo pada 3D motion dan layout.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner