Song Review : Everbeat -

Song Review : Everbeat - "Remember Bandung”

Sumber foto : Dok.Pribadi Everbeat

Everbeat jeli menyajikan melodi yang mudah dinyanyikan, agar lagu “Remember Bandung” mudah dicintai, dan itu berhasil mereka lakukan, saat Everbeat mengemban 'misi' mengembalikan Bandung menjadi kota yang ‘loveable’ kembali. 

Martinus Antonius Weselinus Brouwer atau akrab dipanggil M.A.W. Brouwer pernah berujar jika kota Bandung atau tanah pasundan ini diciptakan saat Tuhan tersenyum. Satu hal yang juga diamini oleh seniman serba bisa, Pidi Baiq ketika dia menuliskan jika Bandung baginya bukan perkara geografis semata, namun lebih dari itu melibatkan perasaan yang bersamanya ketika sunyi. Seakan ingin meneruskan kecintaan Brouwer dan Pidi Baiq terhadap Bandung, grup musik Everbeat menerjemahkan kecintaan itu dalam bentuk lagu berjudul “Remember Bandung”, dan menjadi ‘perpanjangan tangan’ banyak orang, yang sama-sama mencintai Bandung dengan sudut pandang masing-masing.

Memang bukan yang pertama sebagai sebuah lagu yang merepresentasikan sebuah kota, dimana sebelumnya ada juga band Kla Project yang bicara keindahan suasana Jogja, C’mon Lennon dan Bangkutaman yang bicara tentang Jakarta, hingga Superman Is Dead dengan lagu “Kuta Rock City” nya tersebut. Namun lagu “Remember Bandung” ini seakan menjadi oase di gurun pasir, ketika Bandung mungkin mulai kehilangan daya tariknya, karena sialnya harus menghadapi serangkaian masalah kota urban, dari mulai kemacetan hingga potret penduduknya yang mulai kehilangan ‘jati diri’ urang Bandung yang terkenal someah tersebut (ramah dalam bahasa sunda). Lewat musik yang kental nuansa akustiknya ini, “Remember Bandung”, seperti juga judul lagunya, berisikan nostalgia tentang apa yang bisa diingat tentang Bandung, dari angle yang indah tentu saja.  

Satu hal yang cukup kentara dalam lagu ini adalah pada departemen ritmis yang menjadi fondasi kokoh lagu ini, dengan drum dan bassline yang kawin dan punya pukulan-pukulan menarik pada setiap pergumulannya, serta dikuatkan oleh tingkah melodi sederhana dari gitar akustik lagu ini. Kenapa ritmis ini menjadi penting, karena seperti halnya jantung, setiap ketukan yang bersinergi dengan pompa darah yang mengalir, dianalogikan lagu ini menjadi sebuah usaha menciptakan nyawa dari Bandung itu sendiri, yang salah satunya adalah lewat musik. Musik membuat Bandung masih punya alasan untuk bertahan hidup, dengan ragam artistik kota ini, yang diterjemahkan dalam ragam bentuk, seperti salah satunya musik.   

Lagu ini menangkap itu, dan Everbeat jeli menyajikannya dengan melodi yang mudah dinyanyikan, agar lagu “Remember Bandung” mudah dicintai, dan itu berhasil mereka lakukan. Dengan musik, ‘misi’ Everbeat mengembalikan Bandung menjadi kota yang ‘loveable’, menjadi sejalan dengan fungsi musik yang bisa menjadi pemicu untuk mengingat sesuatu. Beberapa dari kita mungkin tahu jika nada do re mi fa sol si do adalah nada awal lagu “Ibu Kita Kartini”, yang bahkan kita ingat nadanya terlebih dahulu sebelum kita cari tahu siapa ibu Kartini, dan kenapa namanya bisa tertulis dengan indah di buku sejarah. Dengan analogi seperti itu, bukan tidak mungkin jika lagu “Remember Bandung” bisa jadi pemicu ingatan kita tentang Bandung, hanya dengan mendengar alunan melodi lagu ini.

Jika Everbeat mengingat Bandung sebagai kota yang penuh ‘bunga’ dengan mojang cantik di kota ini, mungkin Heru Joko mengingat Bandung sebagai kota yang identik dengan Persib. Sebuah klub bola dengan ratusan ribu penggemarnya yang biasa disebut bobotoh. Atau mungkin ada yang mengingat Bandung karena Batagor nya, karena seblak, atau karena budaya ngariung atau nongkrong bareng yang biasa dilakukan urang sunda yang suka bercanda itu. Semua punya definisi sendiri tentang kota ini, dan Everbeat menjadi salah satu yang menuliskannya dengan lagu dan balutan musik menarik, karena berisikan ‘hati’ didalamnya. Atau lebih tepatnya berisikan ‘hati’ yang tertinggal di kota ini, hingga sejauh apapun ke empat personilnya pergi, sepertinya mereka akan kembali dan ‘pulang’ ke kota ini.

Penasaran seperti apa lagu “Remember Bandung” ini? untungnya Everbeat sudah berbaik hati memberikan teaser tentang video klipnya yang akan dirilis dalam waktu dekat. Sedangkan untuk versi digitalnya, bisa mengunjungi beberapa platform digital seperti spotify dan lainnya.  

BACA JUGA - Song Review : Jason Ranti - "Pulang Ke Rahim Ibunya"

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner