Single Review : Bangkutaman – Manusia Dalam Tanda Tanya

Single Review : Bangkutaman – Manusia Dalam Tanda Tanya


Sumber foto : Instagram Bangkutaman

Sebuah fase baru bagi Bangkutaman, khususnya dalam menggabungkan unsur religi dengan Pop bernuansa psychedelia. 

Memasuki bulan puasa, Bangkutaman kembali muncul dengan kabar terbaru. Adalah dengan merilis sebuah single – yang berbeda dan belum pernah dilakukan oleh kebanyakan band indie lokal pada umumnya, yaitu sebuah karya religi berjudul “Manusia Dalam Tanda Tanya” yang dilepaskan bertepatan dengan momentum Ramadhan tahun ini. Sekaligus menjadi fase baru bagi mereka dalam menggabungkan unsur religi dengan balutan Pop Psychedelia. 

Ini adalah karya pertama bagi Bangkutaman dalam membuat lagu tentang ketuhanan. Karena, lagu ini mempunyai citra yang berbeda dibandingkan dari lagu-lagu Bangkutaman sebelumnya seperti permainan gitar yang sepintas mirip dawai sitar, dan suara tetabuhan tanpa malu diperdengarkan sedari awal hinga akhir lagu. Tak lepas dari itu, unsur Pop ala Bangkutaman pun masih terasa dilagu ini, seakan menjadi bukti akan penggabungan nuansa musik dari dua daerah yaitu Timur dan Barat mampu digabungkan dan masih relevan dimunculkan di era seperti sekarang. Begitu pun dengan lirik yang terdapat dalam lagu ini, disampaikan dengan apa adanya ketika pertama kali mendengarnya. Sama sekali tidak terkesan idealis, tapi sangat jujur berbicara tentang jauhnya dengan tuhannya ketika bertindak negatif dengan menyakiti sesama dan juga alamnya.

Dan jika ingin dikuakkan lebih jauh, lagu ini sebenarnya ditujukan untuk momen Ramadhan, hanya perilisannya saja yang pada bulan shaum tersebut. Tapi lagu ini lebih ditujukan kepada peristitwa ledakan Bom dan aksi teror yang cukup menggegerkan masyarakat Indonesia, khususnya bagi warga Surabaya beberapa waktu kemarin. Semoga saja, tujuan lagu ini mampu meringankan dalam bentuk hiburan kepada para korban peristiwa tersebut dan menjadi ingatan untuk lebih dekat dengan tuhannya masing-masing. 

Silahkan unduh single “Manusia Dalam Tanda Tanya” di link ini. 

COMMENTS

You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.