Serba Serbi Earphone dan Tips Untuk Merawatnya

Serba Serbi Earphone dan Tips Untuk Merawatnya

1. Jangan Mengatur Volume Terlalu Keras

Beberapa jenis musik memang akan lebih nyaman kalau kita mengaturnya dengan volume suara, contohnya metal atau EDM. Semakin nyaring bunyinya, makin asyik tubuh kita bergoyang. Tapi selain berbahaya untuk telina, ternyata volume yang maksimal juga dapat merusak komponen earphone secara perlahan dan kualitas suara perangkat mungil tersebut juga bisa kian turun jika terlalu sering dipakai dengan volume maksimal.

2. Hindari Dari Jangkauan ir

Earphone juga termasuk bagian dari alat elektronik, yang mana kalau misalkan terkena air pasti akan korslet pula hingga rusak. Tanpa disadari, mungkin ada juga di antara kita yang masih saja memakai earphone dengan kondisi tubuh—terutama bagian telinga—yang dibasahi keringat. Atau, adapula yang menggunakannya di luar ruangan meski cuaca sedang hujan. Sebisa mungkin, hindari earphone kita dari jangkauan serta cipratan air agar tetap awet. Tak lupa, biasakan pula menggunakan lap/handuk untuk menyingkirkan keringat dari area telinga.

3. Rutin Bersihkan Kepala Earphone Dari Kotoran                         

Jangan lupa, kita pun mesti rajin membersihkan kepala earphone dari kotoran yang menempel seperti debu atau bahkan dari telinga kita. Ada banyak cara untuk membersihkannya, yakni bisa dengan digosokkan oleh sikat gigi bekas, dikorek oleh cotton bud, dan tak lupa dibasuh oleh alkohol 70% agar tetap steril.

Sebetulnya masih banyak pula cara-cara untuk menjaga earphone agar tetap awet serta tahan lama, contohnya melipat gulungan kabel secara rapi dan juga menyediakan wadah khusus untuk perangkat mungil kita agar terhindar dari benturan benda-benda lain. Tapi untuk yang kabel mungkin bisa jadi kurang relevan, mengingat pada perkembangannya earphone banyak dipasarkan tanpa kabel alias wireless. Coklatfriends punya tips lain untuk merawat earphone? Tulis di kolom komentar ya.

*Beberapa sumber/bahan artikel di atas didapatkan dari mozaic.co.id & wikipedia.com

BACA JUGA - Majalah Musik dan Dunia Seru Musisi Dalam Literasi

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner