Selamat Datang di Zaman Kegelapan. Selamat Datang di Era Kaliyuga!

Selamat Datang di Zaman Kegelapan. Selamat Datang di Era Kaliyuga!

Gimana ceritanya bisa dilibatkan dalam pembuatan artwork Kaliyuga?
Kekawan dari Forgotten, via Bang Megadeth yang pertama kali mengontak waktu itu, awalnya. Dikabari berita baik soal pembuatan kover album ke-empat Forgotten (dihitung dari tiga album penuh Forgotten: Obsesi Mati, Tiga Angka Enam, dan Laras Perlaya) adalah kesempatan yang gak bisa saya lewatkan. Kemudian, kami meeting dan hearing session beberapa demo lagu yang sempat terekam, bareng Addy Gembel waktu itu. Obrolan panjang, saya meminta Gembel untuk cerita tentang apa visi dan konsep album yang waktu itu masih belum keluar titelnya apa. 

Gimana proses pembuatannya?
Proses pembuatan saya menyiapkan beberapa ilustrasi pilihan untuk pancingan awal brainstorming kita di sesi pertemuan berikutnya. Judul Kaliyuga juga belum keluar dari Addy Gembel waktu itu. Jadi, ilustrasi yang keluar saat itu adalah beberapa gambaran pandangan saya, murni ketika mendengarkan Forgotten: Obsesi Mati, Tuhan Telah Mati dan Tiga Angka Enam yang menjadi rilisan favorit yang saya dengarkan dulu. Satu konsep ilustrasi akhirnya dipilih, sementara beberapa ilustrasi lainnya ditolak karena terlalu di luar kebijakan dari Forgotten sendiri.

Media apa yang dipakai untuk bikin artwork Kaliyuga?
Lukisan ini dibikin di kertas Arches, 640gsm 56cm x 76 cm dengan menggunakan ink, gouache dan cat air.


Sketsa MORRG untuk Kaliyuga

Katanya, proses pembuatan artwork ini sampai makan waktu enam bulan. Apa yang bikin prosesnya cukup lama?
Hahaha, yup! Ada beberapa timeline yang skip dan komunikasi yang tersendat waktu itu. Itu saja. 

Apa yang pengen disampaikan lewat artwork Kaliyuga? Atau apa yang Forgotten ingin ceritakan dan divisualisasikan oleh MORRG?
Saya termasuk yang antusias sekali dengan yang dilakukan Forgotten di beberapa sample lagu yang didengarkan. Semacam ada hal yang segar keluar dari otak Toteng CS dalam mengkomposisi materi yang sekarang. Bangkitnya Forgotten saya gambarkan dengan keluarnya pilar lima rilisan yang pernah dirilis Forgotten sebelumnya (Future Syndrome, Obsesi Mati, Tuhan Telah Mati, Tiga Angka Enam, Laras Perlaya). Penantian panjang para Terlaknat (sebutan fans Forgotten) dalam kesemrawutan labirin masa kehidupan terbayar. Forgotten alarmkan kehancuran. Sesimple itu.
Dan okay, Addy Gembel datang di sesi pertemuan berikutnya dengan konsep Kaliyuga, di mana era baru kehancuran berhasil kami temukan setelah melewati jalan cerita yang panjang dan nyata, ketika saya telah memulai lukisan ini. Kesatuan visi ketika ditarik garis merah bagi saya sendiri yang sudah terprovokasi sample bayangan untuk album ke-empat Forgotten pada waktu itu. Lukisan "Kaliyuga: The Arrival", adalah bentuk kelapangan sadar kita untuk sampai dan meraba masa sekarang ini, dan welcome for this real Kaliyuga maze, and enjoy your VIP seat, kita saksikan kehancuran!


Sketsa MORRG untuk Kaliyuga

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner