Sajian Apik nan Ciamik dari Sindikat Sisa Semalam

Sajian Apik nan Ciamik dari Sindikat Sisa Semalam

Sumber Foto : Diambil dari rilisan pers Sindikat Sisa Semalam

Dengan segala pola kreatif yang mereka bangun, hal ini pastinya menjadi sebuah langkah seru dalam mengenalkan budaya kepada khalayak luas

Memasuki bulan ketiga di tahun 2023 ini DCDC sudah menerima banyak sekali rilisan-rilisan dari para musisi/band. Mulai dari para pendatang baru hingga para dedengkot muncul meramaikan belantika musik Indonesia dengan setiap warna unik di dalamnya. Sedikit cerita, ketika saya menuliskan berita perilisan karya di website, terdapat sebuah band baru yang hadir dengan komposisi musik yang ciamik, akhirnya membawa band ini dipilih di rubrik Rocka Rockie. Dan band yang dimaksud adalah Sindikat Sisa Semalam.

Dua minggu ke belakang Sindikat Sisa Semalam dengan rilisannya, “Sebik Dilom Hati” masuk ke meja redaksi DCDC, dan secara spontan menarik perhatian saya. Lagu tersebut hadir sebagai menu pembuka mereka dalam memulai perjalanannya di industri musik Indonesia. Usut punya usut ternyata lagu tersebut adalah lagu dari seorang musisi Folk legend asal Lampung, Bapak Syaiful Anwar (alm) yang kemudian mereka gubah menjadi epik nan ciamik.

Secara komposisi musik di lagu ini Sindikat Sisa Semalam coba menambahkan unsur Hip-Hop dengan loop drum yang ringan, namun tetap sukses membuat kepala mengangguk-ngangguk mengikuti irama. Beat yang asik membuat lagu daerah dengan lirik yang menggunakan bahasa indung mereka (Lampung) ini menjadi sangat ear catching dan terkesan lebih berwarna.

Di sisi lain, nuansa yang dibawakan di lagu ini Sindikat Sisa Semalam mengiblat pada musik Hip-Hop bergaya Lo-Fi. Ambience itu turut didukung dengan perilisan Music Video lagu ini yang bernuansa retro. Tentunya ini menjadi sebuah langkah yang bagus bagi mereka dalam melestarikan budaya, yang secara gamblang dicampurkan dengan trend dan menjadi lebih ringan untuk diterima di kalangan milenial.

Semoga musik-musik yang dibawakan oleh Andi Armand, Andira dan Awan Abunadi sebagai punggawa Sindikat Sisa Semalam ini mampu terus mengorbit dengan warna-warna baru di setiap rilisannya. Dengan segala pola kreatif yang mereka bangun, hal ini pastinya menjadi sebuah langkah seru dalam mengenalkan budaya kepada khalayak luas. Dan karena hal itulah Tim DCDC memilih SIndikat Sisa Semalam sebagai DCDC Rocka-Rockie di bulan Maret ini. Selamat….

BACA JUGA - Nonekos dan Segala Warna Musik di Setiap Karyanya

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner