Saffar : Muslim Death-Metal

Saffar : Muslim Death-Metal

Ada banyak pemikiran di scene underground-music, entah itu: anarkisme, komunisme, sosialisme, veganisme, straightedge, queercore, christian-rock, dan masih banyak lagi. Semua itu bebas, asal tidak mengganggu satu sama lain. Kecuali Nazisme, rasisme dan fasisme, itu jelas harus dilawan bersama.

Di negara yang bermayoritaskan agama Islam, tentu di Indonesia ada beberapa band / musisi di scene underground yang bertendensi membawa panji-panji Islam ke dalam musik, lirik maupun pergerakan mereka. Ya, subgenre atau movement ini disebut sebagai Taqwacore.

Salah satu band asal Bandung yang mengsusung genre tersebut adalah Saffar.

Saffar adalah sebuah trio death-metal asal Bandung yang memainkan style technical death-metal / brutal-death. Band ini terbentuk dari personil beberapa band death-metal scene Bandung, seperti: Lumpur, Auticed, Desire dan Inquisisi.

Trio ini di lirik-lirik lagunya banyak mengusung semangat keIslaman yang (mungkin) cenderung garis keras. Entah Saffar memang ikut andil dalam gerakan tersebut atau tidak, yang penting adalah kualitas dari music mereka.

Toh, sebenarnya juga tidak ada yang perlu dipermasalahkan dengan isu di atas. Karena heavy-metal saat ini sudah menjadi budaya populer (pop-culture), yang tentu di banyak negara terjadi akulturasi (bahkan dengan agama setempat). Ada banyak sekali contoh kasusnya. Semua bisa diterima, asal dengan syarat; tidak menjadi gerakan yang fasis.

Pada tahun 2013 Saffar telah merilis album berjudul “Mandatory El Arshy” di bawah label extreme-metal lokal legendaris, Extreme Souls Production.

Di single dan juga music-video yang berjudul “Mandatory El Arshy”, Saffar juga featuring Ali Utrujjah, salah satu rapper taqwacore Jakarta (yang sedikit mengingatkan kami akan Thufail Alghifari, rapper taqwacore lokal yang cukup kontroversial, terutama karena pernah bersitegang dan men-diss Homicide pada tahun 2005/2006 melalui lagu “Homicide Is Dead”).

Bisa jadi “Mandatory El Arshy” adalah album Muslim Death-Metal yang pertama di Indonesia. Karena terlepas dari ideologi yang Saffar junjung, kami cukup menikmati musik mereka. Bagaimana dengan kalian?

 

Disadur dari : http://wastedrockers.wordpress.com/2014/01/03/saffar-kebangkitan-taqwacore-bandung/

Foto : www.metal-archives.com

Reverbnation : www.reverbnation.com/saffardeathmetal

Facebook : https://id-id.facebook.com/saffardeathmetal

Video Link : http://www.youtube.com/watch?v=O_BVwHRJ7qQ

View Comments (1)

Comments (1)

  • Yumnakbt
    Yumnakbt
    19 Jul 2019
    keren dah ni band, saya paling suka lagunya yang mandatory el arshy, sadis lurr
You must be logged in to comment.
Load More

spinner