Ritual yang

Ritual yang "Hilang"; Agustus Tanpa Keriuhan Wacken Open Air, Jerman

Kredit foto: Karina Supriaman.

Keriuhan dan euforia Wacken Open Air, Jerman terpaksa hilang di dua tahun terakhir ini. Meski begitu, kami ingin kilas balik sekaligus memberi informasi mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan jika nanti kita bisa kembali bertandang ke festival internasional.

Biasanya, bulan Agustus adalah salah satu momen yang paling dinantikan, setidaknya sejak tahun 2017 dan utamanya untuk kalangan metalheads. Wacken Open Air, Jerman adalah alasannya, festival ekstra megah yang biasanya disambangi oleh perwakilan W:O:A Metal Battle Indonesia yang terpilih setelah melewati berbagai fase penilaian yang rumit dan melelahkan. Layaknya ajang olimpiade yang ramai beberapa hari kemarin, euforia atas berangkatnya perwakilan Indonesia ini tidak hanya dirasakan oleh band yang bersangkutan, tapi juga oleh metalheads lain yang menantikan kabar baik sebagai oleh-oleh setelah berperang dengan band-band internasional lainnya. Suasana kerap terasa heroik dan sisi nasionalis mendadak tinggi. Sayangnya, pandemi yang melanda dunia membuat aktivitas ini harus berhenti sejak tahun 2020 hingga tahun ini.

Meski begitu, tentunya pelaksanaan W:O:A Metal Battle Indonesia di tahun 2022 tetap dinantikan. Ritual yang biasanya hadir selama tiga tahun berturut-turut diharapkan bisa kembali dilaksanakan, tentunya dalam kondisi yang kian baik dan pandemi yang sudah mereda. Memberangkatkan perwakilan dari Indonesia bukan perkara mudah, tapi sangat menantang dan menyenangkan untuk dilakukan. Daftar yang banyak dan menyibukkan seluruh tim, baik pihak internal maupun band yang berangkat adalah "rutinitas tahunan" yang melelahkan, tapi sangat dinantikan.

Di artikel kali ini, kami ingin sedikit berbagi tentang ritual yang hilang akibat dilanda pandemi: tentang kesibukan yang harus dikerjakan ketika akan berangkat ke luar negeri untuk tampil di sebuah festival, utamanya adalah Wacken Open Air, Jerman. Mungkin, artikel ini juga bisa menjadi catatan bagi siapa saja yang akan pergi menonton festival luar negeri agar dapat mempersiapkan segala kebutuhan, terutama urusan administrasi. Atau juga, artikel ini akan jadi "kenang-kenangan", mengingat pandemi bisa jadi merubah segalanya.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner