Review Video Klip : Jeruji – Stay True

Review Video Klip : Jeruji – Stay True

Sumber foto : Screenshoot video klip Jeruji

Bentuk perlawanan terbaru dari Jeruj tentang perlawanan nyata dalam keseharian lewat visual buram hitam – putih.

Telah satu tahun lamanya, titel Stay True menjadi nafas bagi Jeruji. Berkat titel tersebut juga, masa vakum – formasi baru – bertandang ke luar negeri dalam menyuarakan ekspresi lewat nada musik Hardcore/Punk telah menjadi perjalanan cukup panjang bagi band Bandung era 90-an ini. Tak ingin berhenti disitu saja, titel tersebut kembali disuarakan oleh band ini melalui garapan video klip, dengan membincarakan mengenai perlawanan yang nyata dalam keseharian lewat visual buram hitam – putih.

Membicarakan perlawan, bukan hal yang pertama kali dilakukan oleh band semacam Jeruji. Mulai dari album pertama hingga kelima saat ini, hanya pemabahasannya saja yang berbeda dari kelima album tersebut. Begitupun yang mereka tuangkan dalam video klip ini. Menampilkan seorang mengenakan pakaian ala vandalism sambil berlari membawa bendera hitam, seakan menyimbolkan jati dirinya untuk tidak tunduk kepada jaman yang telah dikendalikan oleh peran media – persepsi – bahkan moral dkontrol mayoritas. Sesekali turun ke jalan layaknya ingin memberontak, melemparkan molotov dan melakukan tagging disudut kota bertuliskan ‘Stay True’. Sembari diiringi oleh audio milik Jeruji dengan nada musik kental ala Hardcore, dan menyeru dari segi backing vokalnya. Menggambarkan perlawanan ala Jeruji.

Perlawanan dalam video klip yang digarapa oleh Rude Billy ini banyak menampilkan simbol dan metafora. Seperti yang telah diungkapkan diatas, alur yang ditampilkan dalam video klip ini bukanlah hal-hal atau objek yang tak lazim ditemukan dalam sebuah orasi atau perlawanan yang mempertahankan haknya. Begitu juga pesan yang tersirat dalam video klip ini yang menegaskan perlawanan nyata bagi diri dan jiwa yang menginginkan kesejatian tanpa terkonstruksi oleh apapun selain solidaritas dan persaudaraan. Apapun itu perlawanannya, warna buram hitam – putih yang hanya ditampilkan dalam video klip ini telah cukup mewakili apa yang ingin diutarakan oleh Jeruji terkait dengan perlawanan. Sampai kapanpun perlawanan bakal terus ada, baik dimasa sekarang atau masa yang akan datang nantinya. Harus selalu siap, dan panjang umur perlawanan.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner