Review Demo : The Pepper Fight – Year 1 Demo

Review Demo : The Pepper Fight – Year 1 Demo

Sumber foto : press rilis The Pepper Fight

Persembahan garapan musik Rock baru dari duo garage rock/Blues-rock dari Bandung.

Saat ini, peran musik Rock masih sangat kuat di Indonesia, khususnya dimata anak muda. Lewat landasan musik itu pula, The Pepper Fight tak ingin tenggelam lebih lama lagi dalam merilis karya musiknya pasca “All I Wanna Say” dilepaskan beberapa waktu lalu. Baru-baru ini, duo Garage Rock/Blues-Rock yang beranggotakan Zata (gitar/vokal) dan Bagus (drum) melepaskan 4 (empat) lagu demo yang sedikit banyaknya menceritakan keadaan kelompok musik mereka saat ini.

Proses perekaman ke-empat lagu ini dilakukan cukup sederhana, tepatnya direkam dalam sebuah ruangan kamar salah satu personil The Pepper Fight. Disamping itu pula, bentukan awal ke-empat lagu ini disebutkan oleh kelompok musik asal Bandung ini, adalah sebuah bentuk dari perealisasian inspirasi The Pepper Fight dalam menggarap materi demi materi. Dan pemilihan Demo pun adalah alih-alih dari EP, yang menurut dari pihak The Pepper Fight sendiri karya ini adalah bentuk kejujuran awal dr sebuah karya yang nantinya direkam disebuah studio.

Kejujuran di materi ini memang telah terdengar dari lagu pertama berjudul “Jason and The Misery”. Vokal bermalasan-malasan ala pemabuk menjadi kiasan awal di lagu tersebut, lalu beberapa permaianan instrument lainnya satu persatu masuk, dan sedikit menambah sensasi dari bebunyian Tamborin yang dibalut sedikit gelap nan mistis oleh suara Synthesizer dan melodi gitar. Lanjut ke “Listen Up Clearly”, tempo musiknya lebih berani, baik disimak dari segi tempo maupun ketukan drum-nya lebih beragam di lagu ini, dan uniknya peran vokal masih dinyanyika seperti lagu sebelumnya. Lalu di lagu ke-3, materi lama mereka kembali muncul yang berjudul “All I Wanna Say”, seperti ada pemolesan dari segi nuansa. Dibandingkan dengan sebelumnya, materi ini di Year 1 Demo terdengar lebih dewasa lewat sound gitar dan temponya yang tidak menggebu nan kasar. Pematangan sound yang dilakukan oleh The Pepper Fight mulai terasa materi Year 1 Demo ini. Seperti lagu terakhir yang mereka suguhkan, “So What’D You Say” terdengar lebih padat dengan menaruh efek fuzz yang mengingatkan pada beberapa kelompok musik Rock seperti Radio Moscow, Colour Haze, atau Samsara Blues Experiment.

Dibandingkan dengan materi-materi The Pepper Fight sebelumnya, Year 1 Demo terdengar cukup banyak memiliki inovasi didalamnya. Khususnya dari segi permainan sound, materi ini mempunyai kekuatan akan hal tersebut. Sebuah pendewasaan dalam membuat karya musik, baru saja dilakukan oleh The Pepper Fight, semoga saja materi Year 1 Demo ini disebarluaskan dengan cukup baik. Salah satunya adalah tidak hanya dirilis dalam format digital, melainkan format fisik. Simak materinya melalui tautan dibawah ini.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner