Ramengvrl:

Ramengvrl: "Perempuan Bisa Jadi Apa Aja yang Dia Mau!"

Sejak kapan Ramengvrl mulai terjun ke dunia musik dan gimana ceritanya?

"Sebenarnya gue mulai dari tahun 2013. Udah lama banget, sih. Jadi, gue mulai dari nge-upload beberapa demo di Soundcloud, sampai gue ke-discover sama hip hop collective di Jakarta, namanya Underground Bizniz Club, atau disingkat UBC. Discover-nya sih udah dari tahun 2014, cuma waktu itu gue emang belum siap, masih ada other priorities, masih ada kerjaan juga, dulu. Sampai tahun 2016 itu gue masih bikin demo-demo aja sendiri, making music sendiri aja. Tahun 2016, akhirnya gue merasa siap, terus gue masuk ke UBC, dan ya udah deh sama-sama ngerjain lagu, single pertama yang official which is "I'm da Man". Setelah itu, it's all getting serious."

Siapa musisi yang jadi inspirasi buat karya-karya Ramengvrl?

"Inspirasi gue dalam bermusik itu ada beberapa, tapi mostly tuh yang gue dengerin dari kecil sih, which is Utada Hikaru. Gue tahu itu jauh banget dari hip hop, tapi dia yang membuat gue dari awal senang sama musik, karena dia sendiri bikin musik tuh gak terkungkung dalam satu genre, and that's actually what I want to do di musik gue. Habis itu, kalau di hip hop ada Kanye West. Itu gue suka banget! Dia itu yang membuat gue tertarik untuk nyemplung ke hip hop, karena dia nunjukin bahwa di hip hop tuh temanya gak harus gangsta, guns... Lo tuh gak harus ngomongin politics atau apa. Lo bisa ngomongin soal perasaan lo, day to day activities yang lo hadapin dan tantangan yang lo alamin setiap hari.

"Kalau musik gue bisa jadi anthem buat orang, gak tertutup kemungkinan bahwa musik gue ke depannya bisa ngegerakin orang to do better stuffs in the future."

Harapan gue sih dari musik yang gue bawain ke depannya pengen lagu-lagu gue bisa bikin orang punya pegangan, sort of. Bukan berarti gue mau jadi motivator atau role model, I don't give a damn about those kinds of things. Gue pun gak pernah ngebayangin bahwa lagu gue akan jadi semacam anthem buat banyak orang. Apalagi buat orang-orang yang sebelumnya gak suka rap, gak suka hip hop, akhirnya mereka jadi suka hip hop gara-gara dengerin lagu gue, lagu yang "I'm da Man". Saat mereka bilang "Lagu lo itu gue banget" atau "Itu expressing gue banget, selama ini gak gue temuin di musisi lain", menurut gue itu something yang spesial banget, menyentuh gue banget.

Untuk ke depannya, gue mau musik gue bisa express message yang lebih grand lagi, yang lebih important. Karena, pada intinya, kalau musik gue bisa jadi anthem buat orang, gak tertutup kemungkinan bahwa musik gue ke depannya bisa ngegerakin orang to do better stuffs in the future."

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner