Perlunya Pemanasan Sebelum Bermain Drum

Perlunya Pemanasan Sebelum Bermain Drum

Setiap hal yang berhubungan dengan kegiatan kekuatan fisik tentulah perlu adanya pemanasan. Tidak terkecuali dengan bermain drum. Kita perlu tenaga yang cukup besar untuk bermain drum. Agar tetap dapat menjaga stamina perlu adanya peregangan atau pemanasan terdahulu sebelum bermain.

Fungsinya sendiri adalah untuk mempersiapkan denyut jantung karena bermain drum merupakan kegiatan yang banyak menguras kerja jantung. Pemanasan juga berguna untuk menambah kelenturan bagi drummer itu sendiri. Agar performa maksimal berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk pemanasan.
Pada umumnya para drummer sebelum naik panggung akan melakukan jogging-jogging kecil, mengatur pernafasan, dan relaksasi pikiran. Ada baiknya pula ditambah dengan melakukan peregangan seperti senam peregangan tangan, lompat-lompat, dan sedikit tambahan push up atau sit up.

Lalu ada juga peregangan leher yaitu dengan cara menekuk leher ke bawah lalu dengan perlahan memutar ke kiri dan ke kanan sebanyak 10 sampai 20 hitungan. Setelah itu berlanjut dengan peregangan tangan dan kaki sebanyak 10 – 20 hitungan variasikan beberapa gerakan dengan hitungan yang sama.

Setelah peregangan dilakukan kita baru memulai dengan pemanasan yang biasa disebut dengan warming up sticking, beberapa hal yang dilakukan saat warming up sticking bisa melakukan single stroke, double stroke, atau variasi pukulan lainnya. Bisa juga dibantu dengan menggunakan mentronome dengan birama ¼ untuk mengatur tempo pukulan. Semoga bermanfaat tips-nya, keep playing!

 

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner