Peran ‘Fans’ Musisi Independen Lokal Yang Terus Bergelora

Peran ‘Fans’ Musisi Independen Lokal Yang Terus Bergelora

Dari masa ke masa, peran fans terus bertambah dan beregenerasi di Indonesia, khususnya bagi musisi independen lokal.

Peran musik sampai hari ini memang cukup besar bagi banyak khalayak. Dan berbicara mengenai khalayak, pasti mau tak mau bersinggungan dengan sebuah apresiasi dari dari segilintir manusia terhadap musik atau idola favoritnya. Begitu halnya yang terjadi di Indonesia saat ini, khususnya untuk para fans musik indiependent yang kini terus berjamuran di berbagai kota pelosok Indonesia.

Musik Independen di Indonesia hari ini bukanlah sama seperti era 90-an silam. Dalam artian, di era awal kemunculannya itu, musisi-musisi indie hanya diterima oleh beberapa pihak pendengar yang ada di kota besar saja. Tapi kini, jenis pergerakan musik yang kentara berbicara akan idealisme itu telah menjadi konsumsi banyak pihak. Dan nafasnya pun semakin panjang sampai kini, karena adanya segelintir regenerasi komunitas yang tumbuh terus menerus dan mengakui dirinya sebagai fansclub.

Menginjak 2018, fansclub musisi Indiependent lokal semakin bertambah. Tak butuh sebuah presentase jumlah untuk membuktikan itu. Lihat saja jika misalkan band-band semacam Burgerkill, Seringai, Rosemary atau lainnya tampil diatas panggung, pasti yang nonton sudah susah dihitung dengan jari. Tak sedikit juga dari mereka yang mengaku sebagai fans, ketika idolanya tampil di atas panggung, datang dengan segerombolan perwakilan dari kotanya masing-masing sembari membawa spanduk bertuliskan nama band idolanya. Namun, tak cuma bertepuk sebelah tangan saja. Para musisi yang mengakui dirinya mempunyai fanbase cukup besar saat ini, juga kerap hadir dalam beberapa komunitas tersebut baik sekedar silaturahmi ataupun membuat beberapa agenda bersama, antara fans dan idola. Dengan siklus seperti ini, dipastikan band idolanya itu bakal terus hidup, dan musik Indonesia pun terus berjaya dari masa ke masa. 

Sumber foto : Facebook Burgerkill Official

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner