Musik dan Pengaruhnya Kepada Pengunjung Cafe

Musik dan Pengaruhnya Kepada Pengunjung Cafe

Bagi kita yang sering berkunjung ke cafe/restoran, berada di sana sambil diiringi lantunan musik adalah hal yang lumrah. Tapi, seberapa besar kah pengaruh musik pada tingkat kenyamanan kita ketika sedang berada dalam cafe/restoran?

Sebagian besar cafe/restoran pasti akan memutarkan musik dan lagu yang sedang hits, atau banyak disukai orang. Tapi ternyata ada teori sendiri yang menjelaskan tentang bagaimana besarnya pengaruh musik, pada pola konsumsi dan tingkat kenyaman para pengunjung di dalam cafe/restoran itu sendiri.

Musik yang diputar di suatu cafe akan berpengaruh pada pola konsumsi, dan tingkat kenyamanan para pengunjung di dalamnya. Hal ini juga mungkin bisa berdampak pada tingkat keuntungan cafe tersebut. Pasalnya menurut penelitian yang dilakukan oleh Swedish Retail Institute, dan Soundtrack Your Brand, musik juga mempengaruhi terhadap penjualan pada subuah cafe/restoran.

Dikutip dari Theguardian  “Beberapa studi menunjukkan, bahwa jika anda memainkan musik klasik di restoran, pengunjung terpancing menghabiskan uang lebih banyak. Sementara jika musiknya up tempo, pengunjung akan lebih cepat keluar restoran, atau makan dan minum lebih cepat,” ujar Professor Charles Spence dari Oxford University.

Bedasarkan penilitian tersebut bisa disimpulkan kalau musik itu sangat punya pengaruh besar kepada tingkat kenyamanan, dan pola konsumsi para pengunjung cafe/restoran. Selain itu, ada juga peneliti yang menemukan bahwa musik yang diputar itu sesuai dengan citra sebuah cafe/restoran, dan hal itu dapat meningkatkan penjualan. Penjualan ini meningkat terutama pada makanan penutup, pelanggan juga menjadi betah untuk berlama-lama tinggal di cafe/restoran. Kondisi ini mungkin baik untuk pengusaha cafe/restoran. Namun untuk konsumen yang tidak bisa mengontrol selera makan, dan ini akan berakibat pada konsumsi makanan berlebihan, serta tentunya berdampak pada isi kantong.

Sumber foto: https://lepavillonbelge.com

BACA JUGA - “Keajaiban” Musik Yang Sanggup Mengubah Suasana Hati

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner