Menyimak Kembali Kolaborasi Bottlesmoker Dengan Para Penari di Vietnam Pada Tahun 2015 Lalu

Menyimak Kembali Kolaborasi Bottlesmoker Dengan Para Penari di Vietnam Pada Tahun 2015 Lalu

Sumber foto : Dok.Pribadi DCDC, hasil karya foto dari Habsi Mahardicha

Bottlesmoker tampil di Ho Chi Minh City dan mendapat respon positif, terlebih saat mereka membawakan lagu “Boredom and Freedom”, yang lengkap dengan penampilan Jacob Jung dan Morning Tea, trio contemporary dance arahan Jenny Luu.

Setelah Bangkok dan Kuala Lumpur Bottlesmoker meneruskan perjalanannya lewat proyek Drawing Cities Decoding Chords, yang didukung oleh DCDC Dreamworld ke sebuah kota di Vietnam bernama Ho Chi Minh City. Masih seperti dengan yang mereka lakukan di dua kota sebelumnya, di kota Ho Chi Minh juga mereka melakukan rekaman daily objects, dengan merespon bunyi-bunyi yang ada di kota itu.

Tempat pertama yang mereka jadikan eksperimen musikalnya ada di daerah Ben Thanh Market. Seperti halnya tempat-tempat di kota sebelumnya yang punya kekhasan tersendiri dengan objek-objek menarik, Ho Chi Minh City juga punya objek menarik yang bisa duo ini eksplor, seperti salah satunya di taman Cong Vien, yang menurut Angkuy memiliki kursi-kursi ‘ajaib’, dimana setiap papannya menghasilkan bebunyian yang unik, dan bisa dijadikan fondasi dasar untuk ritmis lagu yang akan mereka buat. Lebih kurang 45 menit berada di taman ini, mereka merasa cukup punya bank suara yang dihasilkan dari kursi atau pun pagar di taman ini, yang menghasilkan bebunyian unik.

Selanjutnya mereka meneruskan ‘buruannya’ ke Walking Street, dimana disana ada beberapa tiang pembatas jalan yang berhasil mereka rekam untuk materi melodis. Menariknya lagi, karena mereka penasaran dengan keadaan Saigon River, mereka memutuskan untuk mengitari sungai yang terbilang kotor tersebut.

Selama satu jam mereka berkeliling sungai tersebut, dengan ‘misi’ utamanya untuk melakukan field recording dan eksplorasi suara di perahunya. Yang membuat ‘buruan’ di sungai ini menjadi dirasa penting untuk tabungan di bank suara Bottlesmoker, karena hal ini ditunjang dengan material kayu perahu tersebut yang berhasil mereka tangkap dengan bebunyian menarik, serta suasana di sungai yang cukup menarik karena banyak perahu cargo dan tanker yang sedang beroperasi. Hal tersebut dimanfaatkan Bottlesmoker untuk mendapatkan sound-sound industrial.

Setelah selesai bereskplorasi dengan bunyi-bunyian di tempat-tempat yang mereka kunjungi, mereka kembali ke hotel untuk menyiapkan semua peralatan untuk soundcheck, dan bergegas ke di Giant Step Gallery. Sebuah venue yang menurut mereka sangat menarik karena berada di sebuah lorong yang panjang, serta dikelilingi oleh concept store dengan berbagai barang unik, yang juga dihimpit oleh gedung pencakar langit.

Bottlesmoker main sekitar pukul 10 malam, dimana saat tampil mereka mendapat respon positif, terlebih saat mereka membawakan lagu “Boredom and Freedom”, yang lengkap dengan penampilan Jacob Jung dan Morning Tea, trio contemporary dance arahan Jenny Luu, yang menguasai sebagian area stage. Mereka merespon lagu-lagu Bottlesmoker dengan gerakan-gerakan yang kompleks, sambil memainkan lembaran kain-kain tipis, para penari ini mengikuti alunan-alunan musik yang mereka mainkan.

Simak lagu berjudul "Ho Chi Minh City" melalui tautan di bawah ini

BACA JUGA - Kilas Balik Perjalanan Bottlesmoker di Kuala Lumpur

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner