Menyibak Hal-Hal Menarik dari Pesisir Pantai

Menyibak Hal-Hal Menarik dari Pesisir Pantai

Apa menariknya mengangkat tema pesisir seperti yang kalian buat itu?
"Kami menyampaikan bahwa ada di sisi lain kehidupan kita ada orang yang seperti ini, yang menjajakan dirinya ternyata ke para nelayan atau pelaut. Biasanya kan di daerah perkotaan, tapi ini menariknya di pesisir pantai. Walaupun sebenernya fenomena seperti itu ada di mana-mana juga, tapi kami seperti bercerita saja, dan kami memilih tema laut untuk bercerita."

Apa kalian memang termasuk band yang concern dalam penulisan lirik lagu, atau random saja dalam proses kreatifnya?
"Ngalir saja sih. Misalnya ada lagu, kami kasih lirik yang sekeluarnya aja. Sesederhana itu sih, walaupun ada juga lagu yang dibuat liriknya terlebih dulu, baru kita buat musiknya. Seperti lagu “Gurita Kota”, lagu itu awalnya kami buat ketika ke Jakarta, dan merasakan banyak sekali asap knalpot dari metromini yang hitam, dan segala macam hal carut marut di jalanan Jakarta. Dari sana, kami jadi punya ide membuat lagu tentang itu, dan lucunya kami bikin lirik lewat apikasi chat line. Jadi, kayak balas-balasan chat di line, sampai akhirnya jadi bentuk utuh lirik lagu tersebut. Memang pada prakteknya, ada lagu yang memang dikonsep dari awal ingin seperti apa, dan ada juga lagu yang memang ngalir gitu aja."

Untuk album sendiri, apa kalian membuat tema tertentu dalam setiap album yang kalian buat?
"Sebenarnya ada tema yang diangkat, dan kebetulan di album ini kita memilih tema laut sebagai tema besarnya. Walaupun secara ambience musiknya berbeda-beda tergantung mood kami saat mengerjakan lagu itu. Apakah moodnya ke tempo pelan atau cepat, tapi tetap ada alur surf rock nya itu sendiri."

Pertanyaan terakhir. Rencana terdekat kalian dengan The Panturas ini seperti apa?
"Kami ingin membuat rilisan album, entah full album atau EP. Rencananya akan dirilis La Munai Records. Yang jelas, proses rekamannya sendiri sudah beres. Sekarang, kami lagi ngomongin tentang desainnya, dan kami juga lagi membuat dua buah video klip, kerja sama dengan teman kami Dian Tamara."

BACA JUGA - Siap-siap Berselancar Dengan Komplotan The Panturas Pada Minggu Ini

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner