Lima Tips Agar Senar Bass Awet dan Bersih

Lima Tips Agar Senar Bass Awet dan Bersih

1. Biasakan untuk selalu mengelap senar dengan kain kering setiap sehabis main bass.

Hal ini untuk menghilangkan bekas keringat yang menempel pada senar. Keringat yang kemudian menempel pada senar bass akan membuat senar cepat berkarat. Hal ini cukup menggangu, karena selain suara bass jadi seperti ‘mendem’, di jari-jari juga terasa tidak nyaman karena karat tersebut.

2. Selama seminggu sekali bersihkan senar dengan menggunakan cairan pembersih khusus senar yang bisa dibeli di toko alat musik.

Ada alternatif lain selain menggunakan pembersih khusus, yaitu kamu bisa menggunakan minyak singer/minyak mesin (yang biasanya digunakan untuk mesin jahit), cara menggunakannya? Siapkan kain bersih dan kering, lalu tuangkan sedikit saja minyak mesin ke kain (*jangan menuang terlalu banyak, jika terlalu banyak, senar akan jadi sangat licin). Bersihkan senar satu-persatu menggunakan kain yang sudah di tuangkan minyak mesin.

3. Sebulan sekali rebuslah senar selama 5-10 menit dengan air mendidih.

Sepintas cara ini terdengar konyol ya? seperti sedang membuat mie instan. Tapi percaya tidak percaya cara ini cukup berhasil, dan membuat senar bass kamu kembali terdengar enak.

4. Letakkan bass di tempat yang kering dan tidak lembab, hindari meletakkan di pojok ruangan karena biasanya daerah tersebut lebih lembab daripada daerah lain.

5. Jika kira-kira bass tidak dimainkan dalam kurun waktu yang cukup lama (misalkan kamu pulang kampung), kedorkanlah senar kira-kira 2 sampai 4 putaran.

Hal ini untuk menghindari membengkoknya neck bass karena adanya tarikan dari senar.

Coklatfriends punya solusi praktis lain untuk membersihkan senar bass? silakan tulis di kolom komentar ya.

BACA JUGA - Serba Serbi Earphone dan Tips Untuk Merawatnya

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner