Lima Musisi Yang Juga Berprofesi Sebagai Jurnalis Musik (Bagian Pertama)

Lima Musisi Yang Juga Berprofesi Sebagai Jurnalis Musik (Bagian Pertama)

DCDC menuliskan lima orang musisi yang juga berprofesi sebagai jurnalis musik. Simak daftarnya berikut ini:  

Mungkin pada dasarnya semua musik itu sama, berangkat dari penyaluran kreatifitas yang bersumber dari pemikiran, perasaan, dan daya hayal. Tiga unsur dalam karya seni tersebut, diterjemahkan dalam bentuk melodi dan ritmis yang harmonis menjadi sebuah lagu. Ketika lagu itu akhirnya direkam, dirilis, dan pada akhirnya didengar orang, tentu akan menimbulkan reaksi. Reaksi itu kemudian diapresiasi dalam bentuk yang beragam. Salah satu bentuk apresiasi itu ditunjukan lewat analisa seseorang dengan sebuah tulisan. Dari sana lahir pola baru menulis tentang musik, yang kemudian melahirkan apa yang disebut dengan jurnalisme dalam musik. Beberapa majalah pun mengkhususkan dirinya menjadi majalah musik, yang mengangkat banyak ragam menarik seputaran dunia musik, dari mulai cerita musisi nya itu sendiri, ringkasan album, atau juga reportase tentang konser musik.

Lalu menjadi menarik, ketika yang menulis tentang musik itu si musisi nya itu sendiri. Ini menjadi poin lebih, dibanding dengan seorang jurnalis yang tidak memiliki latar belakang musik. Hal-hal detail tentang musik bisa ditangkap lebih dalam, karena bersentuhan langsung dengan profesi yang dia jalani sebagai musisi. Namun jadi sesuatu yang paradoks ketika dia hadir dalam dua sudut pandang, kala dirinya mengomentari dan dikomentari. Ketika dia menjadi musisi, maka musik yang dia hasilkan akan dikomentari orang yang mengapresiasi karya nya. Sedangkan ketika dia jadi jurnalis, giliran dirinya yang mengomentari karya musisi lain.

Morrisey, seseorang yang paling diperhitungkan di ranah musik ‘indies’ (dikenal sebagai istilah untuk musik pop yang berasal dari inggris), pun pernah menjadi seorang jurnalis di majalah NME. Dia menulis hal-hal yang dia amati tentang musik, dan bahkan tidak jarang pula dia menyisipkan sudut pandang, atau bahkan kritikannya seputar gimik, yang menurutnya kurang menarik dalam industri musik.

Jika Inggris punya Morrisey sebagai seorang musisi sekaligus jurnalis yang diperhitungkan, Indonesia pun melahirkan beberapa orang musisi yang juga berprofesi sebagai jurnalis musik. DCDC menuliskan lima orang musisi yang juga berprofesi sebagai jurnalis musik. Simak daftarnya berikut ini:  

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner