Lima Band yang Bermusik Dengan Merdeka dan Tanpa Batas

Lima Band yang Bermusik Dengan Merdeka dan Tanpa Batas

Dari mulai blues yang dibongkar oleh rock & roll, lalu kembali dihajar oleh punk, lalu diteruskan lagi dengan irama yang lebih cepat seperti metal, dan berbagai turunannya, hingga musik terus mengalami perombakan.

Ketika menuliskan kata merdeka, maka hal pertama yang terlintas di pikiran kita adalah kata bebas. Namun kata bebas sendiri sering berhadapan dengan batasan-batasan dan pakem-pakem tertentu, jika kata merdeka dilhat dari sudut pandang eksakta. Seperti misalnya ilmu matematika, yang mengharuskan hitungan yang sesuai dengan rumus, dari mulai panjang kali lebar, setengah alas kali tinggi, atau hal lainnya, yang jika dijumlah harus sesuai dengan hitungan rumusnya. Untungnya, hitungan seperti itu tidak berlaku di dunia kreatif, yang membebaskan pelakunya untuk punya pemikiran, perasaan, dan daya hayal tanpa batas. Jika dalam dunia eksakta 2 + 2 = 4, maka di dunia kreatif hitungan itu bisa jadi lain, seperti halnya lagu Radiohead yang berjudul “2 + 2 = 5”.

Dunia musik menjadi terasa dinamis dan terus menghadirkan kreativitas tanpa batas. Dari mulai blues yang dibongkar oleh rock & roll, lalu kembali dihajar oleh punk, lalu diteruskan lagi dengan irama yang lebih cepat seperti metal, dan berbagai turunannya, hingga musik terus mengalami perombakan. Hal ini pada akhirnya menjadi sangat relatif, karena dalam musik tidak ada salah dan benar, melainkan hanya persoalan suka atau tidak suka.

DCDC menangkap lima band yang bisa mewakili kata merdeka, pada penerapan proses kreatif mereka dalam bermusik. Siapa saja mereka? Simak daftarnya berikut ini

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner