Laki-Laki Minggir! Saatnya Perempuan Tampil!

Laki-Laki Minggir! Saatnya Perempuan Tampil!

Menghubungkan perempuan dan perannya dalam dunia musik tanah air, maka kita akan diingatkan tentang lagu-lagu yang terinspirasi dari perempuan. Setidaknya dalam fase kita belajar kesenian di sekolah, mungkin 7 dari 10 orang di Indonesia akan ingat dengan nada ini ...do re mi fa sol si do, la do’ si la sol... atau lagu Potret dengan hits paling terkenalnya berjudul “Bunda”. Saking berpengaruhnya perempuan dalam kehidupan kita, paling tidak dalam satu tahun negeri ini memperingati dua hari besar yang terinspirasi dari perempuan, yakni hari Kartini dan hari Ibu. Dua-duanya memberikan pernyataan yang kuat tentang emansipasi perempuan, dan peran perempuan sebagai ibu.

Kartini mungkin akan tersenyum senang karena emansipasi yang diperjuangkannya melahirkan musisi-musisi perempuan yang sanggup membuat grup keren seperti Dara Puspita sampai Daramuda. Atau bagaimana akhirnya kekuatan perempuan tadi menginspirasi Melly Goeslaw melahirkan lagu “Bunda”, sebagai bentuk penghargaannya untuk orang yang hanya satu level saja dibawah Tuhan. Lagu "Bunda" sendiri hampir bisa dipastikan akan selalu diputar setiap tanggal 22 Desember, bertepatan dengan peringatan hari ibu di Indonesia.

Sedangkan untuk laki-laki yang meratapi kepergian kekasihnya hingga harus memohon agar dia kembali, sebaiknya minggir, karena ada banyak musisi/band perempuan akan tampil membawakan lagu yang lebih punya ‘nyawa’, dibanding nada-nada pesimis dan ratapan dengan gaya vokal memelas seperti dunia akan berakhir itu. Oh iya, jangan lupakan Feirsa Besari, ketika si bung pernah membuat band yang terinspirasi dari patah hatinya bernama Annarima Broke My Heart. Si bung ini pernah begitu emo pada masanya, sebelum akhirnya senang jalan-jalan ke hutan dan berpuisi di linimasa twitter dan instagram. Bung boleh kalau mau minggir dulu, karena Vira Talisa atau Danilla punya sajian lebih ‘nonjok’ dibanding lagu bung yang ber-playing victim di lagu “Juara Kedua”. Karena juara pertamanya memang bukan anda, tapi Danilla, kedua Vira Talisa, dan ketiga Isyana. Bung Juara harapan kedua lebih tepatnya.

BACA JUGA - Lima Lagu Yang Cocok Yang Didengarkan Di Hari Ibu

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner