LA FIESTA AMOR: Bersuka Ria Bersama Kartel Bernama El Karmoya

LA FIESTA AMOR: Bersuka Ria Bersama Kartel Bernama El Karmoya

Setelah lebih kurang setengah jam berlalu, latar musik “Volare” terdengar, menandakan acara akan segera berlanjut. Panggung ditutupi layar putih, dengan empat orang lelaki duduk di depan layar. Di seberangnya, sudah disusun beberapa kursi, mengarahkan penonton untuk duduk bergabung dengan mereka. Ada empat orang Señor di hadapan kami, yaitu dua orang host, Pablo, dan Jordy Adith Praditya. Ini adalah sesi talkshow tentang musik dan media, di mana Jordy mempresentasikan satu platform digital bernama SkalaSound sebagai salah satu pihak yang bekerja sama dengan El Karmoya.


Talkshow tentang media dan musik antara El Karmoya dan Jordy dari SkalaSound

Singkatnya, seperti yang dipaparkan oleh Jordy sebagai perwakilan, SkalaSound adalah sarana yang mempertemukan dua pihak yang saling membutuhkan: band dan event, seperti aplikasi Tinder. SkalaSound bergerak sejak bulan Maret 2018, berangkat dari ide untuk mempermudah distribusi band ke event yang sesuai dan menambah referensi dari penyelenggara acara agar tidak “kehabisan” stock band. Sudah lebih dari 60 musisi Indonesia bergabung di SkalaSound, dan platform ini terbuka untuk band apapun secara cuma-cuma. Mereka tinggal daftar dan verifikasi. Tak hanya itu, band juga bisa mendapatkan fasilitas berupa analisis based on web yang ditegaskan oleh Jordy sudah menjadi hal yang harus dipahami di era digital ini. Lebih lengkapnya, silahkan kunjungi situs skalasound.com.


Penampilan dari PRAS

Setelahnya, seorang musisi beridentitas PRAS diundang untuk tampil di atas panggung, menghibur lebih kurang 100 penonton yang (akhirnya) didominasi anak muda. Ini adalah proyek solo, tetapi ia mengundang beberapa orang untuk melengkapi formasi bermusiknya. Pras membawakan musik folk-balada yang cukup menghibur para Señor dan Señorita.

Akhirnya, sekitar pukul sembilan malam El Karmoya memulai screening dari video klip “Carbere Amor”. Sebelum video dan musik bisa diputar, ada kendala teknis yang dialami. Beruntung, mereka memiliki dua host yang sedari awal memandu acara tidak pernah kehabisan ide dengan segala cuap-cuap dan banyolan yang tidak kalah absurd dengan konsep acara.


Screening video klip "Carbere Amor"

Countdown dimulai, dan video klip “Carbere Amor” diputar. Video ini berdurasi lebih dari tujuh menit, hasil kerjasama antara El Karmoya dan Gerombolan Struzzo. Mereka menggarap video klip yang berlokasi di Ciwidey, Jawa Barat, tempat kelahiran Pablo. “Carbere” adalah nama dari kekasih Pablo yang mengidap gangguan jiwa dan meninggal dunia pasca menelan obat tetes mata, sementara “Amor” berarti cinta. Inti dari video klip ini adalah memakamkan Carbere dengan cara yang tidak lazim: Carbere dibawa menggunakan bath-tub dan dibiarkan di alam terbuka, dengan harapan ia akan terbang dengan sendirinya menuju alam akhirat. Kostum, dansa dan musik ala Latino tetap menjadi suguhan yang menyita perhatian dalam video klip ini.


Talkshow seputar proses kreatif dan penggarapan video klip "Carbere Amor"

Riuh tepuk tangan langsung menyambut usai video klip selesai diputar. Setelahnya, El Karmoya mengundang Gerombolan Struzzo yang diwakili Roffi untuk bergabung di hadapan penonton, bersama beberapa talent yang terlibat di video klip ini, seperti Mojan yang memerankan Carbere dan teman-teman lain dari El Karmoya yang menjadi pemeran pembantu.


Situasi di "LA FIESTA AMOR"

Dalam pembicaraan ini, El Karmoya memaparkan bahwa mereka memang menghubungi Gerombolan Struzzo untuk bekerjasama menggarap visualisasi dari El Karmoya. Awalnya, mereka ingin membuat web series. Tetapi, terkait pendanaan yang cukup tinggi, video klip menjadi pilihan yang dirasa paling mungkin untuk saat ini. Video klip ini sangat menarik dan menyenangkan (akhirnya ke-absurd­-an ini bisa menyatu dengan kami). Terjemahan "ala-ala" menjadi pilihan agar konsep dan pesan yang disajikan dapat dipahami, mengingat mereka memakai bahasa Spanyol yang tidak semua paham artinya (bahkan El Karmoya sendiri).

View Comments (1)

Comments (1)

  • obitr
    obitr
    11 Oct 2018
    Mantap sekali DCDC!!
You must be logged in to comment.
Load More

spinner