Kesiapan Menjadi Seorang Musisi dan Seluk Beluk Resiko Pahit Kedepannya

Kesiapan Menjadi Seorang Musisi dan Seluk Beluk Resiko Pahit Kedepannya

Sumber foto : Diambil dari freepik

Mau tak mau segala urusan harus menuai banyak respon dari khalayak publik, entah itu diterpa respon negatif atau positif, berdampak baik bagi karir bermusiknya ataupun sebaliknya

Beberapa jenis profesi yang melekat dengan identitas personal, seperti sebagai seorang seniman, musisi ataupun lainnya, yang terjun secara langsung berkarya dan karyanya telah banyak dinikmati banyak orang, seringkali dibuntuti resiko yang berimbas pada ‘image’ dirinya secara langsung. Meraih pencapaian dalam hal kesuksesan secara komersial melalui karya, otomatis akan menyerap banyak perhatian dari khalayak umum. Menjadi pusat perhatian di mata publik adalah resiko pertama yang harus diterima jika bergelut di dunia karya seni, apalagi jika karya nya telah dipublikasikan dan dikenal luas.

Terkadang, kegiatan apapun diluar sebagai seorang seniman baik itu hal yang bersifat positif atau negatif yang dilakukan sosok seorang musisi, tak jarang menjadi sorotan publik dan menuai banyak komentar. Kesiapan mental tentu akan menjadi modal pokok untuk menghadapi segala macam polemik, kehati-hatian dalam bersikap semestinya akan selalu dijaga sebelum segala sesuatu urusan sampai dan bergulir di ranah publik. Mengingat beberapa contoh kasus yang menimpa teman-teman musisi belakangan ini, baru-baru ini jagat maya sedikit diriuhkan dengan beredarnya masalah perselingkuhan eks vokalis Last Child. Bahkan, selama beberapa hari pembahasan mengenai permasalahannya ini, menjadi topik teratas di kolom pencarian jagat maya, seperti di Twitter.

Seolah mimpi buruk Mr. V (eks vokalis Last Child) ini harus menanggung resiko dihujani beragam komentar negatif, hingga beberapa netizen bahkan mengeluarkan argumennya untuk tidak lagi memberikan panggung kepadanya, sangat disayangkan. Masalah pertama kali muncul ketika istrinya memposting sesuatu hal yang diduga bukti atas perselingkuhan Mr. V di sosial media hingga tersebar luas ke ranah publik. Beberapa pihak yang mengikuti dirinya selama berkarir didunia musik cukup merasa prihatin, jejak bermusik seorang Mr. V diakui telah meraih berbagai kesuksesan melalui karya-karya nya sebagai seorang musisi, baik itu terdahulunya bersama Last Child ataupun kini sebagai seorang solois.

Umumnya memang setiap individu baik itu seorang musisi ataupun bukan, selalu dihadapkan dengan permasalahan yang bahkan beresiko langsung terhadap karir atau pekerjaannya. Mengingat musisi seringkali disorot khalayak luas, kehati-hatian dalam bertindak, kebijaksanaan dalam bersikap, apalagi kerahasiaan yang bersifat sangatlah pribadi seperti contoh kasus tadi, sepertinya harus benar-benar dijaga sebelum di sebar luaskan seolah menjadi bola panas yang bergulir hingga menjadi urusan yang dicampuri banyak pihak.

Bagi sebagian orang ada yang merespon bahwa isu masalah perselingkuhan ini cukup lah penting, hingga seseorang yang melakukan hal tersebut dan diketahui umum, harus mendapatkan sanksi sosial untuk mendapat efek jera dan mencegah hal tersebut terulang kembali. Benar-benar bukan perkara mudah jika seorang musisi sedang dihadapkan dengan permasalahan ini, resiko terburuknya jika ia benar-benar tak lagi mendapatkan panggung, di mana hal itu termasuk kegiatan utamanya dalam berkarir di bidang musik. 

Mencapai keberhasilan bersama karya nya tidaklah mudah, memerlukan proses yang panjang hingga karyanya menemukan keberhasilan dan diterima khalayak luas. Jika segala pencapaian karir bermusiknya harus benar-benar hancur dikarenakan celaka atas masalah pribadinya bergulir di ranah publik, sungguh sangatlah disayangkan. Jika saja permasalahannya bisa selesai di lingkup pihak-pihak yang terlibat dan tidak sampai ke ruang publik, mungkin urusannya akan berbeda tidak sebesar saat itu.

Dalam menghadapi setiap permasalahan semestinya seorang musisi dituntut benar-benar bijak dalam menyelesaikannya, apalagi masalah pribadi yang semestinya tidak dicampuri banyak orang. Namun, seperti kebanyakan musisi sukses mau tak mau segala urusan bahkan hingga urusan yang sangat bersifat pribadi pun harus menuai banyak respon di khalayak publik, entah itu diterpa respon negatif atau positif, berdampak baik bagi karir bermusiknya ataupun sebaliknya.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner