Kenapa Musisi Berambut Panjang?

Kenapa Musisi Berambut Panjang?


Selama sekitar 10 tahun di awal tahun 70-an kebanyakan band memiliki rambut pendek, pertengahan hingga akhir tahun 80-an banyak band mulai memanjangkan rambut mereka lagi. Tak lama setelah itu, perkembangan Grunge Seattle mulai muncul. Hampir semua orang pada saat itu berambut panjang. Berikut ini bisa jadi alasan kenapa musisi pada masa itu berambut panjang

Identitas budaya
Kecenderungan modern rambut panjang untuk pria mungkin dapat ditelusuri kembali ke tahun 60-an. Para Hippy ingin memilih untuk berbeda dengan penampilan masyarakat yang "lurus" dengan memanjangkan rambut mereka sebagai cara untuk mengidentifikasi diri mereka sebagai countercultural dan berbeda, sekaligus untuk menentang dan menyinggung pihak "kotak". Hal ini jadi sebuah referensi seperti pada lagu "Almost Cut My Hair" milik Crosby, Stills, Nash & Young. Rambut panjang berikutnya sudah menjadi sebuah identitas kaum dengan cita-cita hippy/counterculture/free love, dll. Mungkin dari sini asal muasal musisi berambut panjang?

Mode
Ketika rocker berambut panjang disebut mode, begitu juga dengan rambut panjang. Band mencerminkan penonton dan penonton mencerminkan "mereka". Berbeda dengan penyanyi pop, yang umumnya lebih mengaja citra dan penampilan daripada musisi yang tidak terlalu komersil. Kebanyakan musisi berambut panjang pada saat itu adalah musisi dari band ber-genre rock dan metal.

Kemiskinan
Menjadi musisi bukanlah bisnis yang menguntungkan bagi setiap musisi. Jika seorang musisi miskin, hidup touring nomaden, potongan rambut mungkin bukan prioritas. Bagi beberapa musisi mungkin dengan tidak memotong rambut jadi salah satu cara untuk "menghemat".

Image: http://i.huffpost.com

COMMENTS

  • Julian669

    Julian669

    4 Aug 2016
    edunssss kerensss
  • Berteriak

    Berteriak

    7 Sep 2016
    KEMISKINAN? wkwkwkwkkwkw
  • Samuel

    Samuel

    8 Sep 2016
    kemiskinan sih yang paling bener. hahahaha
  • zuhoriikhsan

    zuhoriikhsan

    11 Sep 2016
    2016 bro, kemiskinan bukan lagi hal kenapa musisi dibilang miskin, kalo musisi miskin toh dia bisa sampe buat album di band nya. miskin ?
  • determinationoflife26

    determinationoflife26

    15 Sep 2016
    info sangat berguna :D . thanks admin :)
  • drow

    drow

    25 Mar 2018
    bener emang Kemiskinan emang kalian aja ga tau, di eropa sana sekali potong rambut bisa habis 2jtan kalo di rupiahin , ya mending mereka duit segitu buat kebutuhan musik nya aja
You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.