Kenapa Mendengarkan Lagu Favorit Saat Hendak Tidur itu Salah?

Kenapa Mendengarkan Lagu Favorit Saat Hendak Tidur itu Salah?

Sumber foto : https://www.reddit.com

DCDC mencoba menganalisa tentang kenapa mendengarkan lagu favorit saat hendak tidur adalah sebuah kesalahan.

Pada umumnya, kecenderungan orang membutuhkan suasana hening saat hendak tidur, tanpa suara sama sekali, termasuk dengan sajian sebuah lagu. Namun ada juga beberapa orang, yang memiliki kebiasaan mendengarkan lagu terlebih dahulu sebelum tidur. Beberapa alasan rata-rata orang yang mendengarkan lagu sebelum tidur, biasanya karena butuh mood agar nyaman, dengan lagu-lagu pilihan yang dia sukai. Namun mendengarkan lagu favorit menjelang tidur, bisa jadi sebuah kesalahan. Kenapa bisa seperti itu? DCDC mencoba menganalisa tentang kenapa mendengarkan lagu favorit saat hendak tidur adalah sebuah kesalahan.

Membuat Melamun

Sebuah lagu sampai akhirnya bisa disukai seseorang, selain karena musik dan liriknya itu sendiri, bisa jadi karena alasan historis yang dia alami dengan lagu itu. Misalnya saja momen saat liburan dengan pacar. Selama perjalanan di dalam kereta, dia dan pacarnya memutar lagu tertentu misalnya. Maka secara alamiahnya, ketika lagu itu diputar, bayangan akan momen di kereta dengan lagu itu pun kembali teringat. Jadi ketika lagu itu diputar saat hendak tidur, akhirnya jadi merangsang lamunan untuk kembali pada momen tersebut. Kalau misalnya si pacar masih menjalani hubungan dengan dia, tentu itu tidak akan jadi masalah. Namun kalau misalnya si pacar sudah jadi mantan, dan mengalunlah lagu tersebut saat hendak tidur, maka yang terjadi adalah lamunan-lamunan gagal move on, yang bukannya malah membuat ngantuk, tapi malah melambungkan ingatan tentang si kekasih hati, yang sudah jadi milik orang lain misalnya. Satu jam, dua jam, sampai tidak terasa, sudah pagi, dan kamu gagal tidur, gara-gara gagal move on.

Susah Tidur Karena Ikut Bernyanyi

Sebuah lagu bisa dikatakan favorit, tentu karena si pendengar suka dan hafal lagu tersebut. Karena hal ini lah, secara alami si pendengar biasanya akan ikut bernyanyi ketika lagu itu diputar. Hal ini bisa menyalahi aturan ketika hendak tertidur. Bukannya memejamkan mata untuk siap tidur, yang terjadi malah ikut bernyanyi, dan seketika kamar tidur berubah menjadi tempat karaoke. Bahkan hal ini bisa terjadi bukan hanya pada lagu yang menambahkan lirik dalam komposisinya saja. Dalam lagu instrumental pun hal ini bisa terjadi. Misalnya saja ada part lead gitar atau piano yang punya melodi menarik, maka secara alami, biasanya pendengar juga ikut bersenandung mengikuti melodi gitar atau piano lagu tersebut. Satu jam, dua jam, sampai tidak terasa sudah pagi, dan kamu gagal tidur, gara-gara bernyanyi semalaman.

Solusinya? Jika kamu memang termasuk orang yang tidak bisa tidur tanpa mendengarkan lagu. Maka yang harus kamu lakukan adalah memutar lagu yang benar-benar asing buat kamu. Sehingga kamu tidak akan terganggu akan cerita dibalik lagu itu, dan kamu pun akan kesulitan ikut bernyanyi di lagu tersebut, karena lagunya sendiri baru pertama kali kamu dengarkan. Kamu belum hafal musik dan lirik yang ada di lagu tersebut.  

BACA JUGA - Tempat-Tempat Ideal Musisi Membuat Lagu

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner