“Keajaiban” Musik Yang Sanggup Mengubah Suasana Hati

“Keajaiban” Musik Yang Sanggup Mengubah Suasana Hati

Musik selalu mempunyai cara sendiri untuk menyapa siapa saja yang mendengarnya, dan berkat sapaannya itu, musik pun sanggup mengubah suasana hati pendengarnya.  

Suasana hati itu mempunyai musimnya sendiri, diantaranya ada musim sedih, musim marah dan musim sepi. Karena seringnya musim itu datang dan pergi menghampiri hari setiap orang. Maka banyak orang yang menjadikan musik sebagai media untuk membantu mereka mengubah musim yang sedang terjadi pada hati mereka.

Musik itu bisa jadi mood booster, bahkan sebagian orang percaya bahwa musik memiliki efek cukup besar, bagi setiap kejadian yang mereka alami. Bahkan tak jarang musik digunakan sebagai alat untuk membentuk hubungan spiritual, yang lebih dalam di otak dan memengaruhi suasana hati.

Coba saja rasakan perbedaannya jika kita sedang membaca syair tentang puji-pujian kepada Tuhan, tanpa atau dengan diiringi musik. Pasti rasanya akan berbeda jika sambil diiringi musik. Maka itulah cara musik menyapa kita lewat nada-nadanya, dan kadang membuat bulu kuduk kita merinding, bahkan membuat suasana hati berubah seketika. Terlebih jika susana hati kita sedang sedih, lalu medengar syair yang berisi puji-pujian terhadap Tuhan dan diiringi dengan komposisi musik yang pas, akan menambah cepat berubahnya suasana hati.

Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa denyut musik tertentu, mampu mempengaruhi suasana hati dengan menginduksi berbagai frekuensi gelombang otak, hingga dapat menjadikan suasana menjadi santai, dan membuat hati menjadi tenang. Studi lain menunjukkan bahwa partisipasi suara dalam instrumen drum, dapat memberikan perbaikan yang signifikan, terhadap berbagai aspek perilaku sosial dan emosional.

Jadi sedang musim apa hati kalian sekarang? Siapkan musik yang sesuai untuk musim hati kalian masing-masing.

Sumber foto: https://magazine.job-like.com

BACA JUGA - Jika Kamu Merinding Saat Mendengarkan Musik, Bisa Jadi Kamu Punya 'Sense' Istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner