Iksan Skuter – “Tuhan dan Kegelisahan”

Iksan Skuter – “Tuhan dan Kegelisahan”

Lagu "Tuhan dan Kegelisahan" dari Iksan Skuter terpilih masuk 10 Musik Pandemi Terbaik versi DCDC, karena secara mampu menangkap apa yang selaras dengan semua carut marut masa pandemi yang terjadi setahun belakangan di dunia

Dibalut dengan animasi menarik, lagu “Tuhan Dan Kegelisahan” dari Iksan Skuter juga dikuatkan secara visual dalam video liriknya. Meski animasi, menariknya dalam video lirik ini karakter Iksan masih bisa tergambar dengan estetika visualnya yang khas, lewat topi serta jaket parka nya. Adanya penambahan ornamen dalam olahan aransemennya membuat karya baru Iksan terasa komplit, baik secara musik maupun visual. Tayang perdana di kanal Youtube DCDC pada 4 Juli 2020 lalu, karya dari Iksan Skuter ini akan menambah ramai khasanah budaya dalam negeri, bahkan mungkin jadi cetak biru bagi musisi setelahnya.

Perilisan single ini sendiri merupakan episode baru perjalanan bermusik Iksan, setelah sebelumnya dia merilis album Selera Nusantara. Sebuah album yang diakui olehnya berkaitan erat dengan perspectif dirinya akan ketahanan pangan di Indonesia serta kebanggaan terhadap kekayaan Bangsa Indonesia, salah satunya melalui tema kekayaaan makanan khas Nusantara. Ia juga menyoroti sebuah kenyataan: setiap orang adalah seniman, begitu juga mereka yang menciptakan resep masakan yang sampai saat ini menjadi salah satu kekuatan bangsa kita untuk menghidupi dirinya.

Musisi asal Malang yang terkenal dengan jargon "Folk Is Dead!"-nya ini memang cukup piawai menulis lagu dengan isian personal, dan lebih menarik kala apa yang ditulisnya kerap menjadi hujan kutipan menarik lagi bermakna, mengingat apa yang disuguhkannya seperti sebuah roller coaster perasaan, dengan Iksan sebagai orang yang bertanggung jawab memainkan dinamika lewat lagunya. Kadang lagunya menggiring kita untuk marah dengan ketimpangan yang terjadi, kadang juga mengajak kita untuk merenung tentang banyak hal, dari mulai sosok ‘bapak’ sampai ‘rumah’, hingga tentang “Tuhan dan Kegelisahan”. Lagu ini terpilih masuk 10 Musik Pandemi Terbaik versi DCDC, karena secara lirik mampu menangkap apa yang selaras dengan semua carut marut masa pandemi yang terjadi setahun belakangan di dunia.

BACA JUGA - 10 Musik Pandemi Terbaik Versi DCDC

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner