Elemen Sophistipop dan Meletupnya Bubble Gen-Citypop

Elemen Sophistipop dan Meletupnya Bubble Gen-Citypop

Dari sekian banyak musikus sophisti-pop, nama beken Tears for Fears, duo new wave – Pet Shop Boys dan Prefab Sprout masuk dalam jajaran terdepan. Menyinggung nama terakhir, secara lirikal single "Silent" diinspirasi oleh sang vokalis Paddy McAloon. “Dia dulunya dibesarkan di lingkungan gereja dan membuatnya menjadi spiritualis,” kata Iqbal dalam rilis pers nya kepada kami, seraya menyebut pengaruh Prefab Sprout sendiri kemudian menyelusup ke segi musikalitas "Silent".

"Prefab Sprout memiliki ciri khas melodi yang unik, dan meleburkannya dengan ke-khas-an aransemen musik ikkubaru selama ini, tentu menjadikannya hal yang menarik. Menjadi hal yang wajar bila kemudian "Silent" ditaburi oleh buayan suara synth (karakter sound ‘80-an) sebagai salah satu kunci utama lagu," tukasnya.

Menjadi hal yang lumrah bagi sebagian musisi—begitupun dengan penikmatnya, perubahan dari segi komposisi musik menentukan jalan terjal di depan. Sedianya akan diterimanyakah album tersebut atau tidak menjadi urusan selera. Meski memang perlu disadari, hal semacam ini sah-sah saja terutama bagi kalangan musisi. Proses pendewasaan bermusik, alibinya. Telinga yang sebelumnya sudah familiar dengan materi musik sebelumnya bisa berubah drastis karena merasa kurang nyaman dengan pilihan jalur musikalisasi yang baru. Terlebih jika perubahan macam itu melucuti hampir sebagian besar "ciri khas" dari musisi tersebut. Pengecualian bagi ikkubaru, mereka seperti memiliki formula atau kuncian agar kuping-kuping lama tidak ditinggalkan dan merebut telinga pendengar-pendengar baru. Hal ini juga yang kemudian dianggap menjadi kekuatan lagu-lagu dari ikkubaru selama ini, walaupun dikemas dengan ragam pendekatan musikal.

"Kami rasa, benang merah karya-karya ikkubaru itu ada di melodi, bukan di sub genre-nya. Oleh karenanya, kami berusaha memaksimalkan hal itu dalam proses penciptaan. Kami mengedepankan pembuatan melodi yang kuat dan khas tanpa harus khawatir akan dibawa kemana hasil akhir kemasan musikal-nya nanti,” kata Muhammad Iqbal.

Lagu "Silent" sendiri secara kontekstual dijelaskan Muhammad Iqbal selaku pencipta lagu, adalah gambaran cerita tentang orang yang merenung atau berkontemplasi. "Poinnya, semua hal yang dirasakan harus disyukuri dengan kejujuran pada diri sendiri, karena segalanya baik yang akan atau sedang dilalui harus dijalani dengan menyertakan lubuk hati paling dalam. Di mana hati berada, di situ "harta" tersimpan," ujarnya.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner