DCDC ShoutOut! Day - Siap-siap, Suburban Menyerang Balik!

DCDC ShoutOut! Day - Siap-siap, Suburban Menyerang Balik!

Kalau ada yang berpikir bahwa band-band berkualitas hanya ada di tengah kota, maka sesungguhnya mainmu kurang jauh. Kunjungi daerah Kabupaten Bandung, kamu akan menemukan segudang talenta di sana!

Tanggal 3 November 2018 lalu, DCDC ShoutOut! Day kembali menyambangi daerah Kabupaten Bandung. Tempat yang dipilih kali ini berada di daerah Ciwidey, tepatnya di Rasamala Cafe & Resto, Rancabali. Berada di lokasi dengan ketinggian di atas 1000 mdpl dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan membuat kawasan ini menjadi sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Cuaca sejuk dikelilingi pepohonan rimbun menjadi tawaran untuk mendapatkan pengalaman baru: menikmati sebuah event musik di tengah hutan heterogen.

Gelaran DCDC ShoutOut! Day adalah gelaran reguler untuk mewadahi semangat dari band-band yang menjadi bagian dari DCDC ShoutOut!. Grup musik kebanggaan daerah-daerah tempat gelaran DCDC ShoutOut! Day adalah bintang utamanya. Untuk kali ini, tujuh band yaitu Surawungska, Icecream Chocolate, Baromil, Hyper, GNDS, Gotas De Sudor dan Serdadu Bambu menjadi penampil di Kabupaten Bandung.

Sebelum DCDC ShoutOut! Day diadakan, digelar juga Studio Show di beberapa daerah di Kabupaten Bandung, yaitu Ciparay, Rancaekek, Jatinangor dan Soreang. Studio Show ini merupakan prakondisi menuju DCDC ShoutOut! Day diselenggarakan. Ada penampilan dari band-band, juga ada sharing terkait persiapan secara teknis untuk band-band yang akan tampil di panggung mana pun. Untuk Ciparay, Studio Show diselenggarakan di Studio Aborigin, sementara di Rancaekek Studio Homeland yang menjadi tempat penyelenggaraan Studio Show. Di Jatinangor, Studio Show diadakan di Studio Opera, sementara di Soreang diadakan di Warung Villa, di mana gabungan dari beberapa band yang aktif di studio-studio tampil di sini. Studio ini adalah studio yang sudah bekerjasama dengan DCDC untuk memfasilitasi band-band ShoutOut! yang berlatih di sana.


Situasi di Rasamala Cafe & Resto, Ciwidey, tempat penyelenggaraan DCDC ShoutOut! Day Kabupaten Bandung

Kembali ke DCDC ShoutOut! Day. Karena lokasi yang berada cukup jauh dari pusat kota, butuh waktu lebih untuk sampai di tempat ini. Alhasil, aktivitas sound check yang biasanya sudah dimulai sekitar pukul sembilan pagi harus diundur ke pukul setengah dua belas siang, menunggu kehadiran dari teman-teman musisi Kabupaten Bandung yang sempat terjebak macet. Maklum, jalur menuju Rasamala Cafe & Resto adalah jalur wisata. Ditambah dengan waktu akhir pekan, maka padat kendaraan tidak bisa dihindari.

Meski begitu, acara tetap berjalan sesuai dengan alurnya. Hyper menjadi band yang "ditumbalkan" untuk melaksanakan simulasi bersama sound engineer profesional sekaligus gitaris dari band Forgotten, Toteng. Selama simulasi berjalan, antusiasme terlihat tidak hanya dari Hyper, tapi juga dari teman-teman musisi yang sudah hadir. Salah satu yang memberi banyak pertanyaan adalah Devi. Pertanyaannya sangat teknis dan penuh dengan istilah, ranah yang memang benar-benar dikuasai oleh Toteng. Diskusi menjadi panjang dan sangat berbobot. Tidak hanya dalam bentuk teori secara lisan, Toteng juga langsung mempraktekkan di atas panggung, guna mempermudah pemahaman.


Situasi sound check dan simulasi dari Toteng, diselingi beberapa sesi diskusi dengan band dan teman-teman musisi.

Para personil Hyper juga beberapa kali memberi pertanyaan dan "dites" oleh Toteng. Sedikit bercerita, Hyper mengakui bahwa mereka sangat tegang ketika tahu Toteng akan menjadi mentor mereka hari itu. Toteng adalah seorang sound engineer yang terkenal dengan ketegasannya, dan Hyper bukan satu-satunya band yang tegang berhadapan dengan Toteng. Tapi, mereka mengakui bahwa proses simulasi yang dilaksanakan sangat berguna untuk mereka, dan suasana tidak setegang itu pada akhirnya. Celetukan-celetukan di atas panggung cukup membuat sesi berbagi ilmu siang itu hangat dan cukup menyenangkan.

Setelah Hyper, secara bergiliran band-band yang akan tampil mendapatkan giliran untuk melakukan sound check. Mereka berusaha mempraktekkan teori yang sudah disampaikan oleh Toteng demi menunjang performa mereka dengan maksimal. Akhirnya, sekitar pukul empat sore acara dimulai dan dibuka oleh seorang MC.

View Comments (1)

Comments (1)

  • gotas
    gotas
    1 week ago
    Terima kasih sudah memberikan ruang bagi kami dan teman - teman seperjuangan buat berkarya, semoga ini awal langkah yang baik buat kami.<br /> Panjang umur persaudaraan.
You must be logged in to comment.
Load More

spinner