DCDC Music Chart - #3rd Week of May 2021

DCDC Music Chart - #3rd Week of May 2021

Minggu ketiga bulan Mei 2021 ini, music director dari DCDC Radio, Angga Kusuma (Asiaminor, Taring) kembali memilih dan mengulas lima band DCDC ShoutOut! untuk masuk di jajaran DCDC Music Chart. Siapa saja yang ada di daftar minggu ini? Mari disimak karya-karyanya!

Alea - "Hampa"

Alea merupakan sebuah grup musik yang terbentuk sejak tahun 2012 lalu. Menjalani hampir satu dekade bermusik bersama, dalam perjalanannya band ini mengalami dinamika menarik, termasuk untuk urusan warna musik yang juga mengalami perubahan, khususnya pada tahun 2017 yang diakui mereka sebagai tahun lahirnya kembali band ini. Grup musik asal Sukabumi ini mengaku jika dengan semua nyala kreasinya mereka ingin meramaikan dan menambah warna musik di ranah musik tanah air, khususnya di tempat asal mereka, Sukabumi.

 

Sungai - "Merah Muda"

Sungai merupakan band dari Yogyakarta yang membawakan musik pop balada dengan sentuhan eksperimental. Terbentuk sejak akhir 2014, Sungai saat ini diperkuat oleh Anggito Rahman (gitar, vokal), Stefan Toghas (gitar) Amy Yunto Adi Putra (bass), Irine Winta (vokal) dan Mawar Rengga (vokal) dan Dimas Budi Satya (perkusi). Pada proses pembuatan karya, Sungai melakukan eksperimen dengan mengkombinasikan unsur musik pop dengan 3 vokal berpadu dan perkusi handmade yang diberi nama “Wer-ewer”. Sebuah perkusi yang terbuat dari kayu, gir, dan karet ban yang menghasilkan bebunyian unik yang menyatu dengan musik pop. Mengangkat isu kehidupan sehari-hari yang terukir dalam lirik berbahasa Indonesia di setiap lagu, sampai akhirnya pada penghujung 2015, semua nyala kreasi yang mereka buat berbuah manis lewat sebuah album berjudul Arus.

 

3 Segara - "Journey Of Life"

Beranggotakan 3 orang yang terbentuk dari kesamaan atas ketertarikan mereka kepada musik oldish (Utha Likumahuwa, Air Supply, The Bee Gees, The Carpenters dan King Of Convenience), Irfan (vokal), Bambang (bass/vokal) dan Richard (vokal) pun sepakat untuk membuat grup musik yang sekarang resmi diberi nama 3 Segara. Band asal Malang ini mengaku jika nama bandnya diambil dari salah satu aksara Jawa yang berarti laut, atau Samudera. Filosofi segara dipilih sebagai salah satu bentuk harapan Irfan, Bambang dan Richard yang ingin menyatukan 3 pemikiran dan karakter mereka yang berbeda kedalam suatu proyek musik yang kental dengan nuansa lagu yang nyaman di telinga, selayaknya 3 arus samudera yang dipertemukan di sebuah titik di lautan. Pada bulan Oktober 2016, 3 Segara merilis EP pertama mereka yang bertajuk IMAJI, di mana di dalamnya terdapat 5 buah lagu yang di bawakan akustik dengan ciri khas pembagian suara Irfan dan Richard pada setiap lagunya.

 

Hangat - "Teman"

Hangat adalah band yang terbentuk pada tanggal 23 April 2018. Dengan mengusung genre pop dalam balutan karyanya, lengkap dengan pola tersendiri yang mereka buat lewat nada-nada yang catchy dan easy listening. Tidak hanya dalam urusan musik saja, grup ini juga punya concern berlebih dengan penulisan lirik lagu di dalamnya, di mana hal ini berkaitan erat dengan pesan-pesan yang terkandung di dalam lagunya yang tajam, ‘menyentil’, membahas keresahan-keresahan dalam kehidupan bersosial juga masalah-masalah universal yang seringkali dialami oleh banyak orang.

 

Baling Baling Bambo - "Edisi Galau"

Baling Baling Bambo merupakan sebuah band yang lahir dari kelompok belajar siswa SMK musik di Solo, yakni SMKI Surakarta. Mengkombinasikan banyak elemen musik dengan pondasi irama musik ska serta dikemas dalam balutan pop art, pada outputnya Baling Baling Bambo banyak menulis tentang masa-masa remaja, gejolak cinta romantika kawula muda, dan sisi positif dalam kehidupan sehari-hari dalam karyanya, termasuk dengan lagu berjudul ‘’Edisi Galau’’, yang minggu ini terpilih masuk DCDC Music Chart.

 

DCDC Radio mengudara setiap hari dan DCDC Music Chart akan diperbarui setiap minggu. Pantau terus DCDC Radio dan DCDC Music Chart dan dengarkan karya dari band-band independen berkualitas di tanah air. Daftarkan juga band kalian di DCDC ShoutOut! dan dapatkan kesempatan di berbagai program milik DCDC!

BACA JUGA - DCDC Music Chart - #2nd Week of May 2021


DCDC RADIO MUSIC DIRECTOR

ANGGA KUSUMA (minorstrings@gmail.com)

Angga Kusuma atau yang lebih akrab dipanggil Angga adalah seorang musisi independen yang berasal dari kota Bandung. Ia aktif sebagai gitaris di berbagai proyek musik, seperti di Asiaminor, Taring dan Janevalla.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner